Liga Primer Inggris

4 Gol Menyakitkan Wayne Rooney ke Gawang Everton

Senin, 10 Juli 2017 20:07 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Ramadhan
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Momen Wayne Rooney dimana pernah cetak gol ke gawang Everton. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Momen Wayne Rooney dimana pernah cetak gol ke gawang Everton.

Penyerang sekaligus legenda hidup Manchester United, Wayne Rooney telah resmi hijrah ke klub masa kecilnya yakni Everton.

Dengan nilai transfer yang tak dipublikasikan, pria berusia 31 tahun ini dikontrak selama 2 tahun di Goodison Park dan meninggalkan kejayaan yang pernah ia rasakan selama 13 tahun bersama Manchester United.

© @Everton
Wayne Rooney resmi bergabung ke Everton. Copyright: @EvertonWayne Rooney resmi bergabung ke Everton.

Rooney lahir di Croxteth, Liverpool pada 24 Oktober 1985. Lahir di kawasan Merseyside, pilihan yang paling mungkin diambil bagi pesepakbola muda untuk mengembangkan kariernya adalah masuk akademi Liverpool atau Everton.

Pilihan pemain bernama lengkap Wayne Mark Rooney pun jatuh kepada Everton sebagai landasan awalnya berkarier pada 1996. Bergabung dengan akademi muda Everton saat berusia 10 tahun, Rooney menimba ilmu selama enam tahun di akademi Everton. 

Hingga akhirnya pada tahun 2002, dirinya naik kasta membela tim senior Everton dan melakukan debut profesionalnya saat The Toffees berhadapan dengan Tottenham pada 17 Agustus 2002. Di laga tersebut, Rooney mampu tampil cemerlang dengan menyumbang satu assist kepada Mark Pembridge.

Baca Juga:

  • 6 Gol Terbaik Wayne Rooney di Everton

  • 5 'Legenda' yang Kembali ke Klub Lamanya

Selang dua bulan usai melakukan debutnya, Rooney sukses mencetak gol pertamanya di Liga Primer Inggris ke gawang Arsenal pada 19 Oktober 2002. Gol itu juga membuat Rooney sempat masuk dalam buku rekor Liga Primer Inggris sebagai pencetak gol termuda. Saat itu, ia mencetak gol lima hari sebelum usianya genap berusia 17 tahun.

Hebatnya gol Rooney tersebut membuat Everton menang. Tak hanya itu saja, Arsenal yang saat itu sangat dominan dan memiliki catatan panjang tak pernah kalah, akhirnya harus terhenti karena gol Rooney itu.

© The Telegraph
Wayne Roonet saat melakukan debutnya bersama Everton melawan Arsenal. Copyright: The TelegraphWayne Rooney saat melakukan debutnya bersama Everton melawan Arsenal.

"Rooney adalah bakat terbesar Inggris yang pernah saya lihat sejak saya bergabung di Inggris. Pastinya belum ada pemain di bawah usia 20 tahun yang sebagus ia sejak saya menjadi pelatih di sini," kata pelatih Arsene Wenger usai Rooney menjebol gawangnya pada Oktober 2002.

Mampu mencuri perhatian dengan penampilan cemerlangnya di usia muda, membuat Sir Alex Ferguson kepincut untuk memboyongnya ke Old Trafford. Pada tahun 2004, Man United harus bersaing dengan Newcastle untuk mendapatkan salah satu talenta terbaik yang dimiliki Inggris ini.

Everton pun akhirnya menerima tawaran sebesar 25,6 jut pounds dari Man United untuk Rooney dan menolak tawaran 20 juta pounds dari Newcastle.

© internet
Wayne Rooney saat diperkenalkan oleh Sir Alex setelah resmi jadi pemain Manchester United. Copyright: internetWayne Rooney saat diperkenalkan oleh Sir Alex setelah resmi jadi pemain Manchester United.

Berhadapan dengan Fenerbahce di ajang Liga Chamnpions, Rooney melakukan debutnya di Man United pada 28 September 2004. Rooney berhasil menunjukan kualitasnya dengan mencetak hattrick pada laga itu dalam kemenangan 6-2 untuk Setan Merah.

Berada 13 tahun di Manchester United, kecintaan Rooney terhadap Everton tak memudar. Kendati demikian, Rooney tetap profesional bersama Man United dan tak ada alasan bagi dirinya bermain setengah hati ketika berhadapan dengan The Toffes. 

Selama membela Man United, Rooney telah mencetak lima gol ke gawang Everton, bahkan tiga gol diantaranya diciptakan di depan publik Goodison Park.

Mungkin tidak banyak yang mengingat momen-momen ketika Rooney sukses menjebol gawang Everton sepanjang kariernya di Manchester United. INDOSPORT mencoba merangkum kembali gol-gol menyakitkan yang dibuat oleh Rooney ke gawang mantan timnya.

4.3K