Piala AFF U-15

Walau Berat, Menpora Berharap Timnas U-16 Lolos ke Semifinal

Rabu, 12 Juli 2017 20:08 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ramadhan
© timnasgaruda
Selebrasi pemain Timnas U-16. Copyright: © timnasgaruda
Selebrasi pemain Timnas U-16.

Usai ditaklukan Thailand di pertandingan kedua Piala AFF U-15, Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 masih memiliki peluang lolos ke babak semifinal jika menang di tiga pertandingan sisa.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, masih menyimpan keyakinan bagi skuat berjuluk Garuda Asia tersebut.

© Info Kemenpora
Menpora, Imam Nahrawi saat mengambil sumpah dan melantik  Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Kemenpora, Jumat (19/05/17). Copyright: Info KemenporaMenpora, Imam Nahrawi saat mengambil sumpah dan melantik Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Kemenpora, Jumat (19/05/17).

Meski peluang lolos ke babak semifinal cukup berat, mengingat Timnas U-16 harus memenangkan tiga pertandingan sisa mereka melawan Australia, Laos, dan Singapura, Imam Nahrawi tetap yakin jika skuat berjuluk Garuda Asia mampu lolos.

Skuat asuhan Fakhri Husaini hanya mampu bermain imbang 2-2 atas Myanmar dan takluk 0-1 atas Thailand di dua pertandingan sebelumnya.

Baca Juga:

© Dewo/PSSI
Pemain Timnas Indonesia U-16 saat jalani latihan. Copyright: Dewo/PSSIPemain Timnas Indonesia U-16 saat jalani latihan.

Imam berharap Rendi Juliansyah dkk mampu mengeluarkan segala kemampuan yang mereka miliki di tiga pertandingan sisa. Imam berharap bangsa Indonesia terus memberikan doa dan dukungan agar Timnas U-16 mampu menggapai babak semifinal Piala AFF 2015.

“Doakan Timnas U-16, masih ada tiga sesi lagi bertanding doakan mereka optimistis, yakin, dan kuat lagi, ini detik-detik krusial tapi saya yakin mereka akan berjuang habis-habisan,” ujar Imam Nahrawi di Wisma Menpora, Rabu (12/07/17).

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini (depan) tengah memantau bersama staff pelatihnya. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini (depan) tengah memantau bersama staff pelatihnya.

“Ini detik-detik krusial tapi saya yakin mereka akan berjuang habis-habisan,” tambah Imam.

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, tetap menyimpan rasa optimistis menatap sisa tiga laga ke depan. Ia menilai anak asuhnya kalah dengan cara yang terhormat saat ditaklukkan Thailand dengan skor tipis 0-1.

© Dewo/PSSI
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai menang 4-0 melawan Singapura. Copyright: Dewo/PSSISelebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai menang 4-0 melawan Singapura.

“Kami kalah dengan cara yang terhormat, kami masih tetap optimistis. Ada tiga pertandingan lagi. 9 poin akan kita rebut nanti,” kata Fakhri usai pertandingan.

Coach Fakhri lalu mengomentari sebab kekalahannya. Beliau juga enggan menyalahkan wasit meski melihat ada beberapa keputusan yang menurutnya blunder.

2K