Liga 1

Si 'The Special One' Iwan Setiawan Resmi Latih Borneo FC

Senin, 14 Agustus 2017 15:11 WIB
Editor: Ramadhan
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Borneo FC perpanjang kontrak Iwan Setiawan hingga akhir musim. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Borneo FC perpanjang kontrak Iwan Setiawan hingga akhir musim.

Borneo FC tak ingin berlama-lama untuk mencari sosok pelatih baru menggantikan Ricky Nelson. Sore hari ini, Senin (14/08/17), Borneo FC langsung mengumumkan sosok pelatih anyar yang akan menukangi tim di sisa paruh kedua Gojek Traveloka Liga 1 2017.

Manajer Borneo FC, Farid Abubakar mengungkapkan sosok yang akan menangani Pesut Etam adalah eks pelatih mereka pada saat Divisi Utama 2014. Pelatih tersebut adalah Iwan Setiawan, sosok pelatih yang dijuluki The Special One.

© Ginanjar/INDOSPORT
Caption Copyright: Ginanjar/INDOSPORTIwan Setiawan saat masih melatih Borneo FC.

“Kami memutuskan mengembalikan Ricky ke tim junior. Untuk gantinya, kita akan membawa pelatih baru rasa lama, dia adalah Iwan Setiawan," kata Farid Abubakar seperti dimuat di laman resmi Borneo FC.

Penunjukkan Iwan bukannya tanpa alasan. Menurut Farid salah satu pilihan yang realistis di saat genting seperti ini adalah dengan mendatangkan Iwan Setiawan. Pasalnya pelatih berlisensi A AFC itu bukanlah sosok asing di skuat Borneo FC.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMantan pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan.

Sebelumnya, Iwan pernah membawa Pesut Etam jadi kampiun Divisi Utama 2014. Apalagi Iwan mengenal karakter sebagian besar pemain Borneo FC seperti Lerby Eliandri, Wahyudi Hamisi, Dody Al Fayed, Riswan Yusman, Sultan Samma, dan Diego Michiels. Bahkan, trofi Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2016 lalu digengam berkat tangan dinginnya.

“Karena jeda waktu yang sangat singkat dan mungkin hanya coach Iwan yang bisa beradaptasi cepat dengan lingkungan klub ini, dan karena dia bukan orang baru di Borneo FC, jadi manajemen sepakat mengontrak dia lagi, “ ungkapnya.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Ponaryo Astaman dan kawan-kawan Borneo FC jalani latihan jelang laga lawan Arema FC. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPonaryo Astaman dan kawan-kawan Borneo FC jalani latihan jelang laga lawan Arema FC.

Farid mengatakan keputusan mendatangkan Iwan Setiawan sudah pasti mulai hari ini. Pihaknya sudah mencapai kesepakatan verbal dengan Iwan, namun penandatanganan kontrak akan dilakukan besok hari.

“Ini sudah pasti. Malam ini coach Iwan akan berada di Samarinda dan besok akan memimpin pemain Borneo FC latihan. Tanda tangan kontrak besok sebelum latihan, kami ikat kontrak hingga akhir musim,” tuturnya.

Hingga pekan ke-19 Liga 1, Borneo FC sendiri berada di peringkat ke-8 klasemen sementara dengan catatan 27 poin. Kehadiran Iwan diharapkan bisa mendongkrak performa Borneo FC hingga setidaknya bisa bersaing di posisi lima besar.

640