Liga 1

Tanpa Jacksen Tiago, Barito Optimistis Kalahkan Arema FC

Rabu, 23 Agustus 2017 14:49 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/Indosport
Jacksen Tiago (pelatih Barito Putera). Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Jacksen Tiago (pelatih Barito Putera).

Barito Putera harus kembali menjalani laga home cukup berat di pekan ke-21 Gojek Traveloka Liga 1 2017 sore nanti, Rabu (23/08/17). Menjamu Arema FC, tim berjulukan Laskar Antasari itu dituntut meraih kemenangan guna mendongkrak posisi di klasemen.

Saat ini tim yang bermarkas di Banjarmasin itu menempati urutan ke-11 dengan 27 poin. Tambahan tiga angka akan membuat Barito Putera setidaknya bisa kembali menembus 10 besar, atau bahkan menggeser posisi Arema di urutan 8 jika mengemas kemenangan lebih dari satu gol, karena unggul head to head.

 
© Instgram @aremafcofficial
Cristian Gonzales gagal mencetak gol saat melawan Barito Putera. Copyright: Instgram @aremafcofficialCristian Gonzales gagal mencetak gol saat melawan Barito Putera.

"Melawan Arema memang target tim kami selanjutnya. Dan untuk itu, kami sudah bersiap sejak jauh hari setelah kalah di kandang Mitra Kukar," kata Vitor Tinoco.

Asisten Pelatih Barito Putera itu pun mengaku sudah mempelajari tentang tipikal permainan Arema di setiap lininya. Terlebih, Barito pernah mengalami kekalahan tipis 0-1 di kandang Arema di pertemuan pertama kompetisi, 05 Mei lalu.

"Kami tahu ciri permainan mereka. Tak hanya itu, kami juga sudah mengetahui siapa saja pemain kunci mereka," imbuh pria Brasil tersebut.

Mengalahkan tim dengan motivasi yang tengah meninggi seperti Arema memang tergolong cukup berat. Lebih berat lagi, Rizky Rizaldi Pora dkk harus melawan tim Singo Edan tanpa arahan langsung Jacksen Ferreira Tiago dari pinggir lapangan.

Seperti diketahui, Head Coach Barito Putera itu meninggalkan tim lantaran ada urusan keluarga di Brasil. Dan selama sepekan ini, tugas pelatih dijalankan Vitor Tinoco bersama pelatih kiper, lantaran Yunan Helmi juga sedang menjalani kursus kepelatihan lisensi A AFC.

"Secara fisik, Jacksen memang tidak ada di samping kami. Tapi, kami selalu komunikasi soal perkembangan tim sebelum dan setelah latihan," Vitor menegaskan.

© Persija Jakarta
Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago didampingi oleh Muhammad Rifqi. Copyright: Persija JakartaPelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago didampingi oleh Muhammad Rifqi.

Hal serupa juga diutarakan Matias Cordoba, yang menilai tidak adanya Jacksen bukan berarti motivasi tanding Barito akan melemah. 

"Bagi kami sama saja. Setiap arahan dari pelatih Vitor tetap merupakan hasil diskusi bersama Coach Jacksen. Kami akan tampil bagus untuk tim ini," tandas playmaker berkebangsaan Argentina tersebut.

1