SEA Games 2017

Data Statistik: Kamboja Levelnya Jauh di Bawah Indonesia

Kamis, 24 Agustus 2017 12:18 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Indosport.com
Indonesia vs Kamboja. Copyright: © Indosport.com
Indonesia vs Kamboja.

Hasil imbang 0-0 kontra Vietnam pada Selasa (22/08/17) lalu membuat Timnas Indonesia U-22 saat ini menempati peringkat tiga klasemen sementara Grup B cabang olahraga sepakbola SEA Games 2017.

Meski tidak berada di posisi dua besar, Indonesia pada kenyataannya masih memiliki harapan besar untuk bisa melangkah ke babak semifinal. Pasalnya, mereka hanya perlu meraih kemenangan atas Kamboja di laga terakhir, sembari berharap Thailand dan Vietnam saling mengalahkan di pertandingan lain.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Kamboja vs Indonesia. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo Kamboja vs Indonesia.

Target kemenangan atas Kamboja sendiri, sejatinya bukanlah perkara yang sulit bagi skuat Garuda Muda. Pasalnya, data statistik membuktikan bahwa Indonesia memiliki keunggulan yang lebih banyak dibandingkan Kamboja.

Tercatat, dari enam pertemuan melawan Kamboja dalam 12 tahun terakhir di kancah SEA Games, Indonesia selalu berhasil menyapu bersih setiap laga tersebut dengan kemenangan.

Hebatnya lagi, dari total enam kemenangan tersebut, beberapa kali Indonesia meraih kemenangan dengan selisih gol yang cukup besar. Contohnya seperti yang terjadi pada SEA Games 1995.

Saat itu, Kamboja untuk pertama kalinya mengirim kontingen di nomor sepakbola. Namun di pengalaman pertamanya tersebut, Kamboja dibuat menelan pil pahit setelah dilibas 10-0 oleh Timnas Indonesia.

Secara total, dari enam pertemuan terakhir di kancah SEA Games, Indonesia tercatat sudah 27 kali membuat kiper Kamboja memungut bola dari gawangnya, termasuk saat Indonesia membantai Kamboja dengan skor 6-1 di SEA Games 2015 lalu.

Kehebatan Indonesia atas Kamboja tidak berhenti sampai di situ. Kamboja ternyata menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang kesulitan membobol gawang Indonesia dalam pentas SEA Games. Tercatat baru dua kali mereka berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang Indonesia.

© Internet
Timnas Kamboja Copyright: InternetTimnas Kamboja pernah belum pernah menang atas Indonesia dalam ajang SEA Games.

Bila melihat data statistik tersebut, jelas Indonesia akan lebih diunggulkan dalam pertandingan yang akan berlangsung Kamis (24/08/17) sore nanti di Stadion Shah Alam.

Sedikit informasi, dalam laga melawan Kamboja itu sendiri, Indonesia akan kembali diperkuat oleh bintang andalannya, Evan Dimas yang sebelumnya harus absen melawan Vietnam lantaran akumulasi kartu kuning.

2.3K