Liga 1 2017

Kembali Bersuara, Kali Ini Iwan Setiawan Kecam Kualitas Wasit Asing

Selasa, 12 September 2017 17:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan.

Pelatih kontroversial Indonesia, Iwan Setiawan, secara terbuka mengungkapkan kekecewaannya usai tim asuhannya, Borneo FC bermain imbang 0-0 dengan Bali United, Senin (11/09/17) pada pekan ke-23 Gojek Traveloka Liga 1, di Stadion Segiri, Samarinda. Kali ini, Iwan menilai kualitas wasit asing yang memimpin laga kemarin malam tidak cukup bagus.

Iwan Setiawan menyoroti kinerja wasit Rysbek Shekerbekov asal Kyrgyzstan yang mengeluarkan lima kartu kuning pada laga Borneo FC vs Bali United. Bahkan Iwan berani menyebut kualitas Rysbek lebih parah dibanding wasit lokal.

© Twitter@PusamaniaBorneo
Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan. Copyright: Twitter@PusamaniaBorneoPelatih Borneo FC, Iwan Setiawan.

"Saya melihat kasihan abang-abang di PT Liga mendatangkan wasit dari luar, tapi kualitasnya parah sekali. Rasanya saya harus objektif. Jadi menurut saya tidak ada kualitas. Harusnya wasit asing jadi panutan," ujarnya seperti dilansir dari Tribun Kaltim.

"Saya tahu peraturan wasit, law of the game. Jadi ini memperburuk kualitas liga. Tolong ditulis, jika wartawan peduli dengan kemajuan kompetisi sepakbola Indonesia, jangan gak ditulis," ungkapnya dengan nada tegas.

Menurut Iwan Setiawan, wasit Rysbek kurang cermat dalam mengambil keputusan sehingga beberapa kali justru merugikan timnya. Saking kesalnya, mantan pelatih Persebaya Surabaya itu sampai berani bertaruh dengan awak media soal kepemimpinan wasit asing pada laga tersebut.

"Menurut kalian wasitnya bagus gak? Yuk taruhan sama saya kita lihat pertandingan ulangnya di televisi," tandasnya.

Pada laga kemarin malam, wasit Rysbek Shekerbekov menghadiahi tiga kartu kuning untuk Borneo FC yaitu Shane Smeltz, Leo Tupamahu, dan Terens Puhiri. Sedangkan dua kartu kuning lainnya diterima tim tamu, Nick Van der Velden dan Yabes Roni.

© Instagram @rshekerbekov.
Wasit asing asal Kyrgistan, Rysbek Shekerbekov. Copyright: Instagram @rshekerbekov.Wasit asing asal Kyrgistan, Rysbek Shekerbekov.

Di sisi lain, bek Borneo FC, Diego Michiels menilai hasil imbang 0-0 adalah sesuatu yang fair. Semua pemain dari kedua tim disebut sudah berkerja keras, namun hasil akhir tidak seperti yang diinginkan.

"Saya pikir kami bermain di kandang jadi harus menang. Tetapi jujur, pertandingan ini fair dengan skor 0-0. Kami sudah bekerja keras dan mereka (Bali United) juga, mereka bisa saja menang dan kami juga, namun hasil akhir tidak demikian," tutup pemain yang juga dikenal dengan sikap kontroversialnya itu.

Dengan hasil imbang 0-0 kontra Bali United, kini Borneo FC tetap menghuni posisi 11 dengan 33 angka. Sementara Bali United gagal naik ke puncak klasemen dan harus puas di peringkat kedua dengan tertinggal satu angka dari Bhayangkara United yang mengoleksi 46 poin.

282