Fans Koln Salam ala Nazi Sebelum Lawan Arsenal, Wenger Protes

Jumat, 15 September 2017 19:12 WIB
Penulis: Nindhitya Nurmalitasari | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Indosport
Kericuhan suporter sebelum laga Arsenal vs FC Koln. Copyright: © Indosport
Kericuhan suporter sebelum laga Arsenal vs FC Koln.

Arsenal berhasil meraih kemenangan perdananya di Grup H Liga Europa 2017/18, Jumat (15/09/17) dini hari WIB. Anak asuhan Arsene Wenger tersebut mampu mengalahkan tim Jerman, FC Koln di Emirates Stadium dengan skor 3-1.

Sayangnya laga tersebut tidak berjalan mulus lantaran diwarnai kericuhan yang disebabkan oleh membludaknya fans Koln yang tidak kebagian tiket masuk ke stadion. Alhasil, pertandingan tersebut sempat ditunda selama satu jam dari jadwal seharusnya.

Terkait insiden tersebut, sejumlah media Inggris pun melaporkan perilaku-perilaku tak terpuji yang dilakukan suporter klub Bundesliga tersebut. Robert Peston, salah satu jurnalis ITV pun membeberkan sikap anarkis penggemar Koln yang disebutnya juga melakukan salam ala rezim fasis yang pernah berkuasa di Jerman, Nazi.

"Fans Koln adalah aib. Salam (ala) Nazi. Kencing di depan pintu rumah. Solidaritas Eropa saya sedang diuji," kecamnya melalui akun Twitternya @Preston, dilansir dari Express.co.uk (15/09/17).

© Twitter
Jurnalis kecam kelakuan fans Koln. Copyright: TwitterJurnalis kecam kelakuan fans Koln.

Menurut laporan, pihak kepolisian sendiri telah mengamankan lima orang terkait kerusuhan di luar stadion. Akan tetapi, manajer Arsenal Arsene Wenger tetap berharap otoritas sepakbola Eropa, UEFA, akan melakukan penyelidikan dan tindak lanjut terkait insiden tersebut.

"Mereka (UEFA) adalah satu-satunya yang berwenang menganalisis fakta yang terjadi. Mereka pasti akan melakukan penyelidikan untuk melihat apa yang terjadi, itu pasti,"  tandas Wenger.

© Ashley Western - CameraSport via Getty Images
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger. Copyright: Ashley Western - CameraSport via Getty ImagesPelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Sebagai informasi, ini merupakan pertama kalinya FC Koln bermain di kompetisi Eropa sejak 25 tahun terakhir. Kendati sempat membuka keunggulan lewat gol Jhon Cordoba di menit ke-9, anak asuh Peter Stoger pada akhirnya harus takluk dari The Gunners lewat gol dari Sead Kolasinac, Alexis Sanchez, dan Hector Bellerin.