Liga 1

McMenemy Blak-blakan soal Peluang Bhayangkara FC Jadi Juara Liga 1

Rabu, 20 September 2017 11:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Bhayangkara FC
Skuat Bhayangkara FC. Copyright: © Bhayangkara FC
Skuat Bhayangkara FC.

Bhayangkara FC saat ini berada di puncak klasemen sementara Gojek Traveloka Liga 1 dengan perolehan 49 poin dari 24 laga. Dengan pertandingan menyisakan sembilan laga lagi, pelatih The Guardian, Simon McMenemy pun angkat bicara mengenai tekanan dan peluang tim asuhannya untuk menjadi juara musim ini.

Kehadiran Bhayangkara di posisi satu klasemen memang mengejutkan, lantaran sebagai tim baru mereka mampu menggeser dominasi tim tradisional seperti Persipura Jayapura, Persib Bandung, Persija Jakarta, hingga PSM Makassar. Akan tetapi, hal itu dinilai bukan menjadi tekanan besar.

© Muhammad Adiyaksa/Indosport.com
Simon McMenemy dalam sesi konferensi pers. Copyright: Muhammad Adiyaksa/Indosport.comSimon McMenemy dalam sesi konferensi pers.

Menurut Simon McMenemy, tekanan besar tersebut justru muncul ketika ada pertanyaan seberapa besar peluang mereka untuk menjadi juara. Pelatih asal Inggris itu menjelaskan target timnya adalah fokus di tiap pertandingan dengan tidak memikirkan gelar juara.

"Sebenarnya tidak ada tekanan dari internal kami. Kami hanya berkonsetrasi untuk satu pertandingan ke depan, sedangkan tekanan itu datang seperti saat kami ditanya buat pelatih dan pemain. Dari kami sendiri selalu fokus satu persatu laga," aku Simon.

Mantan pelatih Timnas Filipina itu juga menjelaskan target yang diberikan manajemen dan juga target pribadinya di Bhayangkara FC. Menurutnya dengan raihan posisi yang ada saat ini semua pemain harusnya menikmati dan target tidak perlu diubah untuk mengejar gelar juara. Jika diubah, maka semua pemain dan elemen klub akan tertekan dan berujung pada hal yang tidak diinginkan.

"Target dari klub itu sebenarnya masuk lima besar, dan target saya pribadi itu tiga besar, biar orang tahu bagaimana bagusnya Bhayangkara bermain. Tetapi dengan kondisi seperti ini (ada di puncak klasemen) jika targetnya diubah ke juara maka akan menjadi beban buat pemain. Jadi kami tetap sesuai target awal yakni lima besar karena Bhayangkara bukan tim besar," tutup Simon McMenemy.

© Media Bhayangkara FC
Bhayangkara FC (BFC) Copyright: Media Bhayangkara FCBhayangkara FC (BFC).

Untuk mempertahankan posisi di puncak klasemen, sore nanti Bhayangkara FC akan ditantang Borneo FC pada pekan ke-25 Liga 1 di Stadion Patriot, Bekasi. Kemenangan tentu menjadi hal wajib bagi tuan rumah jika tidak ingin posisinya digeser oleh Bali United yang berada di posisi kedua dengan perbedaan satu poin.

372