3 Pemain Bintang Masuk dalam Nominasi Pemain Terbaik FIFA

  • FIFA mengumumkan nama-nama yang berhasil menjadi finalis FIFA's BEST Awards 2017.
  • Neymar berhasil bersanding dengan mantan rekan setimnya di Barcrelona, Lionel Messi, dalam perebutan gelar pemain terbaik.
Jumat, 22 September 2017 22:18 WIB
Penulis: Nindhitya Nurmalitasari | Editor: Yohanes Ishak
Trofi pemain terbaik versi FIFA.

FIFA telah mengumumkan sederetan nama pemain yang masuk dalam nominasi final FIFA's BEST Awards 2017. Dalam penghargaan ini sendiri terdapat enam kategori, mulai dari pemain, pelatih, hingga penjaga gawang terbaik, baik untuk sepakbola pria maupun wanita.

Tahun lalu, megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo berhasil keluar sebagai pemain terbaik untuk kategori sepakbola pria. Ia sukses mengalahkan Lionel Messi dan pemain Atletico Madrid, Antoine Griezmann.

Sementara itu, pada tahun 2017 ini tiga besar pemain terbaik FIFA masih diisi oleh nama-nama yang hampir sama. Akan tetapi, kali ini Antoine Griezmann harus rela digeser posisinya oleh pemain baru sekaligus pemain termahal di dunia milik Paris Saint-Germain, Neymar Jr.

Di sisi lain, untuk kategori pesepakbola wanita, ada nama penggawa Barcelona yang juga sudah menyabet gelar sebagai pemain terbaik wanita Eropa 2017, Lieke Martens. Ia akan bersaing dengan Deyna Castellanos dan Carli Lloyd.

Cristiano Ronaldo dan Lieke Martens, dua pesepakbola terbaik Eropa 2017. Copyright: INDOSPORTCristiano Ronaldo dan Lieke Martens, dua pesepakbola terbaik Eropa 2017.

Tak hanya itu, persaingan sengit juga terlihat pada nominasi pelatih pria terbaik. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, akan menghadapi penantang berat yakni manajer Chelsea, Antonio Conte, serta juru taktik Real Madrid, Zinedine Zidane.

Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid. Copyright: INDOSPORTZinedine Zidane, pelatih Real Madrid.

Sebagai informasi, ketiga finalis di masing-masing kategori sebelumnya disaring dari 25 nama kandidat yang sudah diumumkan awal tahun kemarin. Pemenang penghargaan ini sendiri baru akan diumumkan pada 23 Oktober 2017 mendatang.

Selain itu, kita pun tak hanya bisa menjadi penonton. Pasalnya, FIFA memungkinkan para pencinta sepakbola untuk dapat berpartisipasi dalam pemilihan pemenang khusus dalam kategori FIFA Fan Award.

Berikut ini daftar lengkap nominasi FIFA's BEST Awards 2017:

The Best Men's Player

Lionel Messi, Neymar Jr., Cristiano Ronaldo

The Best Women's Player

Deyna Castellanos, Carli Lloyd, Lieke Martens

The Best Men's Coach

Massimiliano Allegri, Antonio Conte, Zinedine Zidane

The Best Women's Coach

Nils Nielsen, Gerard Precheur, Sarina Wiegman

The Best Goalkeeper

Gianluigi Buffon, Keylor Navas, Manuel Neuer

The FIFA Fan Award

Borussia Dortmund, Celtic FC, FC Kobenhavn