Liga Champions

Dortmund 1-3 Real Madrid: Los Blancos Masih Perkasa

Rabu, 27 September 2017 03:39 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Babak 1

Tuan rumah langsung menggebrak sejak peluit babak pertama dibunyikan. Dortmund mencoba menekan dengan memanfaatkan kelincahan para pemain sayapnya.

Babak pertama baru berusia 3 menit, Dortmund langsung mendapatkan peluang. Namun, usaha dari Pierre-Emerick Aubameyang masih bisa dimentahkan Sergio Ramos.

Madrid mendapatkan peluang emas di menit ke-10. Sayang, peluang Cristiano Ronaldo masih bisa diantisipasi para bek Dormund.

Nyaris! Dortmund hampir saja memperoleh gol pembuka di menit ke-14. Namun usaha Maximilian Philipp masih bisa dimentahkan oleh Ramos.

Sapuan Ramos sendiri sepertinya cukup kontroversial. Pasalnya dalam tayang ulang, kapten Los Blancos ini tertangkap kamera menggunakan tangannya untuk mengamankan gawang, namun tak dilihat wasit.

Usai diserang bertubi-tubi, Madrid justru unggul terlebih dulu di menit ke-18. Sebuah umpan matang dari Dani Carvajal mampu dimanfaatkan oleh Gareth Bale.

Tertinggal satu gol, Dortmund terus berupaya untuk menekan tamunya. Akan tetapi pertahanan solid membuat Aubameyang dan kawan-kawan sulit mendapatkan peluang.

Hingga laga babak pertama berakhir tak ada lagi gol yang tercipta. Madrid menyudahi babak pertama dengan keunggulan atas tuan rumah.

Babak 2

Dortmund memulai babak kedua dengan langsung keluar menyerang. Serbuan tuan rumah nyaris berhasil membuahkan gol sesaat pertandingan dimulai.

Sebuah serangan yang dibangun oleh Gotze dan Yarmolenko nyaris bisa dimanfaatkan oleh Aubameyang. Namun, Varane lebih cekatan untuk membuang bola keluar.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Dortmund justru kembali kebobolan di menit ke-49. Gareth Bale kembali menjadi aktor dalam gol ini, namun sebagai pengumpan.

Lolos dari jebakan off side, Bale langsung mengiris sisi pertahanan Dortmund. Umpan manisnya kemudian dieksekusi dengan sempurna oleh Ronaldo.

Berondongan 2 gol dari Madrid membuat para pemain Dortmund tersentak. Serangan spartan kemudian dilakoni oleh tuan rumah.

Hasilnya berbuah pada menit ke-54, saat Aubameyang bisa memperkecil ketertinggalan Dortmund. Mendapat umpan dari Gonzalo Castro, penyerang asal Gabon ini sukses menyambar bola untuk menaklukkan Keylor Navas.

Dortmund kembali mendapatkan peluang matang melalui sentuhan Aubameyang. Akan tetapi sundulannya di menit ke-67 masih menyamping.

Real Madrid kembali mengejutkan Dortmund di menit ke-79. Los Blancos berhasil menambah keunggulan melalui Ronaldo.

Ronaldo sukses memanfaatkan umpan dari Luka Modric untuk mencatat gol keduanya dalam laga ini. Gol kedua pemain asal Portugal ini sekaligus menjadi torehan keempatnya dalam dua laga di Liga Champions.

Los Blancos nyaris saja menambah gol, dua menit sebelum waktu normal berakhir. Namun, Marcos Asensio gagal menaklukkan Roman Burki saat sudah saling berhadapan.

Hingga laga usai, tak ada lagi gol yang tercipta untuk kedua tim. Real Madrid sukses mengamankan 3 angka dari laga awaynya ini.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Dortmund: Burki; Piszczek, Sokratis, Toprak, Toljan (Dahoud '60); Castro, Sahin (Weigl '62), Gotze (Pulisic '76); Yarmolenko, Aubameyang, Philipp.

Madrid: Navas, Carvajal, Ramos, Varane, Nacho, Modric, Kroos, Casemiro, Ronaldo, Bale (Vazquez '86), Isco (Asensio '79).

3.9K