Lucu! Kiper Borussia Dortmund Ini Lakukan 'Ritual Aneh' Sebelum Laga

Jumat, 29 September 2017 06:31 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© getty images
Kiper Borussia Dortmund, Roman Burki. Copyright: © getty images
Kiper Borussia Dortmund, Roman Burki.

Biasanya, jika seseorang dihadapkan dengan suatu pertandingan besar yang akan dihadapi, mereka akan memanjatkan doa dan meminta berkat dari Yang Maha Kuasa. Namun, ada pula beberapa pesepakbola yang melakukan ritual yang bisa dikatakan aneh. Apalagi, ritual yang dilaksanakan mengacu pada sebuah takhayul.

Seperti halnya mantan gelandang AC Milan, Gennaro Gattuso yang dikabarkan selalu membaca filsuf Rusia karya Fyodor Dostoyevsky. Menurut pemberitaan Sport Bible (28/09/17), pria berusia 39 tahun itu membacanya di toilet sebelum memulai pertandingan.

© INDOSPORT
Laurent Blanc mencium kepala plontos Fabien Barthez. Copyright: INDOSPORTLaurent Blanc mencium kepala plontos Fabien Barthez.

Ada pula ritual yang dilakukan mantan kapten Prancis, Laurent Blanc yang dilaporkan selalu mencium kepala plontos Fabien Barthez. Hal itu dilakukan olehnya setiap akan melakoni pertandingan di kampanye Piala Dunia tahun 1998.

Kini, ada pula ritual aneh lainnya yang dilakukan oleh kiper milik Borussia Dortmund. Setiap akan melakoni laga pertandingan, Roman Burki selalu melakukan ritual menyentuh bola. Rutinitas itu dilakukan oleh Burki sebelum melakukan pelemparan koin untuk menentukan tempat dan bola dari masing-masing tim yang akan berlaga.

Sejauh ini, ritual yang kerap dilakukan olehnya bisa dikatakan membawa keberuntungan bagi tim. Tilik saja pada pertandingan di Bundesliga Jerman musim ini. Die Borussen belum pernah mengalami kekalahan dari enam laga yang telah dilakoni dan baru satu kali mengakhiri laga dengan hasil imbang.

Torehan apik itu mampu menempatkan BVB di puncak klasemen dengan raihan 16 poin. Namun sepertinya keberuntungan itu tidak berlaku di kancah Liga Champions. Pasalnya, dari dua pertandingan yang sudah dijalankan, anak asuh Peter Bosz harus menelan kekalahan.

Pada laga perdana, mereka harus kandas 1-3 dari Tottenham Hotspur. Begitu pula dengan laga kandang yang dilakoni saat menjamu Real Madrid, lagi-lagi mereka harus kalah dengan skor yang sama. Catatan buruk itu pun menempatkan Pierre-Emerick Aubameyang dkk berada di posisi ketiga Grup H Liga Champions 2017/18 dengan belum mengumpulkan poin satu pun.

1.7K