Belanda Gagal ke Piala Dunia, Robben Langsung Pensiun

Rabu, 11 Oktober 2017 05:33 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Agus Dwi Witono
© ESPN
Winger asal Belanda, Arjen Robben. Copyright: © ESPN
Winger asal Belanda, Arjen Robben.

Misi sulit dihadapi Belanda saat menjamu Swedia di laga terakhir babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa pada Rabu (10/10/17) dini hari WIB. Tim besutan Dick Advocaat itu harus menang dengan skor akhir 7 gol tanpa balas.

Bermain di Stadion Amsterdam Arena, Belanda berhasil menguasai jalannya pertandingan. Namun, hingga 90 menit mereka hanya mampu menceploskan 2 gol saja, meski kerap mendapat banyak peluang emas. Dua gol tersebut dicetak oleh Arjen Robben, masing-masing di menit ke-16 dan 40. 

Kendati meraih kemenangan, tambahan tiga poin ini tak mampu membuat Belanda menggeser Swedia di posisi kedua klasemen Grup A, untuk menempati jalur play-off.

© Mirror.co.uk
Arjen Robben usai membobol gawang Swedia. Copyright: Mirror.co.ukArjen Robben usai membobol gawang Swedia.

Kegagalan tersebut, ternyata dijadikan momentum oleh Robben untuk memutuskan pensiun dari Timnas Belanda demi adanya regenerasi untuk memperkuat timnas mereka.

"Ini adalah saat yang tepat untuk memberikan tongkat estafet kepada generasi berikutnya," kata pemain Bayern Munchen tersebut dikutip dari Daily Mail.

Robben melakoni debutnya di Timnas senior Belanda sebagai pemain pengganti saat Tim Oranye menjamu Portugal pada 30 April 2003 lalu. 

Selama 14 tahun melaksanakan tugas negara, Robben telah mencatatkan 96 penampilan, 37 gol serta 29 assists di semua ajang. Torehan tersebut, ternyata membawanya menyamai catatan gol Dennis Bergkamp di urutan ke empat sebagai top skor sepanjang masa De Oranje.

450