Robben Pensiun, Belanda Kehilangan Pemain Terbaik Dunia

Rabu, 11 Oktober 2017 08:47 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Pemain sayap Bayern Munchen, Arjen Robben, memutuskan untuk pensiun dari sepak bola internasional. Keputusan itu diambil setelah Belanda dipastikan absen di Piala Dunia 2018. Timnas Belanda berhasil mengalahkan Swedia dengan skor 2-0 di laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Stadion Amsterdam Arena, Rabu (11/10/17).

Dua gol Oranje dicetak oleh Robben. Sayangnya, usaha Robben mengantarkan Belanda ke Rusia tahun depan masih belum cukup mengingat Tim Oranje kalah dalam produktivitas gol dari Swedia. Paca pertandingan, Robben pun mengumumkan untuk gantung sepatu.

"Ini adalah saat yang tepat untuk memberikan tongkat estafet kepada generasi berikutnya," ujar mantan pemain Real Madrid dilansir dari Daily Mail.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGES Pelatih Timnas Belanda, Dick Advocaat

Pelatih Timnas Belanda, Dick Advocaat, menilai Arjen Robben merupakan salah satu pesepakbola terbaik di dunia. Mantan pelatih Timnas Rusia meyakini semua orang akan merindukan kehadiran Robben untuk Timnas Belanda. 

"Arjen adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Dia masih akan melanjutkan kariernya di level klub," kata pelatih berusia 70 tahun itu dikutip dari Fourfourtwo.

© INDOSPORT
Arjen Robben melakukan selebrasi pasca mencetak gol. Copyright: INDOSPORTArjen Robben melakukan selebrasi pasca mencetak gol.

"Tapi, ini merupakan kehilangan besar bagi tim nasional yang akan bermain tanpanya. Sebab, dia adalah pemain berkualitas. Kami akan merindukannya dan tak ada yang meragukan hal itu,"  lanjut Advocat.

Arjen Robben memulai debut bersama Timnas Belanda saat menghadapi Portugal pada April 2003. Saat itu usia Robben masih 19 tahun. Salah satu yang paling diingat adalah sewaktu mengantarkan Belanda masuk final Piala Dunia 2010. Robben mengakhiri karier internasionalnya dengan mencetak 37 gol dalam 96 penampilan.   

464