Fakta Menarik Negara Terkecil di Piala Dunia 2018

Kamis, 12 Oktober 2017 13:56 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Yohanes Ishak
© Reuters
Selebrasi Pemain Islandia Copyright: © Reuters
Selebrasi Pemain Islandia

Sebagai negara terkecil peserta Piala Dunia 2018, Islandia menyimpan fakta unik dibalik performa impresifnya yang cukup mencengangkan di putaran Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Berikut beberapa fakta unik dari tim berjuluk Strákarnir Okkar ini.

Dilatih oleh dokter gigi

© Getty
Pelatih Islandia yang juga berprofesi sebagai dokter gigi Copyright: GettyPelatih Islandia yang juga berprofesi sebagai dokter gigi

Heimir Hallgrimsson, pelatih Timnas Islandia ini adalah seorang dokter gigi yang bekerja di pulau bernama, daerah kecil yang termasuk area Kepulauan Vestmannaeyjar di Islandia Selatan, uniknya lagi pulau ini hanya dihuni oleh 5000 jiwa penduduk dengan jutaan burung Puffin!

Berlatih di kubah

© BBC
Lapangan indoor berbentuk kubah tempat latihan para pemain Islandia Copyright: BBCLapangan indoor berbentuk kubah tempat latihan para pemain Islandia.

Temperatur rata-rata di Islandia sangat ekstrim. Suhu terhangat yang tercatat hanya sekitar 10-13 derajat celcius dan waktu siang hari yang pendek (di bulan desember waktu malam hari di Islandia mencapai 20 jam). Namun, faktor iklim tidak dijadikan alasan untuk malas berlatih.

Pemerintah Islandia rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memfasilitasi para olahragawannya dengan membangun fasilitas indoor sejak sekitar 15 tahun yang lalu. Asosiasi Sepakbola Islandia (KSI) membangun 30 lapangan dengan simulasi segala cuaca, tujuh diantaranya indoor serta 150 arena buatan.

Penjaga gawang yang juga seorang sutradara

Sebelum menjadi seorang penjaga gawang professional, Hannes Halldorsson adalah seorang sutradara film. Dialah yang menyutradarai video untuk kontestan Islandia pada kontes Eurovision 2012.

Pemain Counter Strike ulung dan rockstar

© Johann Berg Gudmunsson
Pemain Timnas Islandia ini merupakan personil band rock. Copyright: Johann Berg GudmunssonPemain Timnas Islandia ini merupakan personil band rock.

Gelandang serang Timnas Islandia, Johann Berg Gudmundsson di masa mudanya adalah pemain video game yang handal. Dia pernah menjuarai turnamen video game, Skálfti. Sekarang, Johann juga merupakan seorang gitaris di sebuah band rock di Islandia.

Nasionalitas tinggi

Di Islandia, ketika seorang pemain baru ditunjuk untuk memperkuat timnas, sang pemain tersebut diharuskan untuk berdiri dari kursinya dan menyanyikan lagu kebangsaan Islandia.

512