Liga 1

Jadwal Pertandingan Pekan Akhir Liga 1 Bakal Direvisi? Ini Penyebabnya

Selasa, 24 Oktober 2017 08:59 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1
Logo Liga 1. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1
Logo Liga 1.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Tigor Shalom Boboy, mengungkapkan jika pihaknya berpeluang merevisi jadwal di pekan penutup Liga 1. Tigor menyebut alasan utama mengubah jadwal tersebut semata untuk menjaga sportivitas.

Persaingan ketat mewarnai kompetisi sepakbola kasta tertinggi di Indonesia itu jelang berakhirnya musim. Tak cuma di papan atas, namun juga di papan bawah, hal tersebut yang mendasari PT Liga berencana untuk mengubah jadwal dengan menggelar beberapa laga penting secara bersamaan.

“Untuk pertandingan-pertandingan yang melibatkan tim papan atas dan bawah mungkin akan ada perubahan jadwal dari rencana yang sudah ada. Tapi terkait pertandingan mana yang bakal masuk dalam kategori itu, nanti akan disampaikan,” ujar Tigor.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Direktu Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTDirektur Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy.

Sama seperti persaingan ketat di papan atas klasemen, pertarungan tim papan bawah demi selamat dari jurang degradasi juga berlangsung panas.

Saling sikut tak terhindarkan, Semen Padang yang kalah 0-2 dari Persija kini terdesak di peringkat 16 klasemen, sementara Perseru Serui yang satu tingkat di atas Semen Padang membuka asa keluar dari zona merah setelah menaklukan Persipura Jayapura 2-1.

Selain Persegres Gresik United yang sudah pasti terdegradasi ke Liga 2, PS TNI, Perseru Serui, Persiba Semen Padang, dan Persiba Balikpapan masih berpeluang tergelincir ke zona merah.

Di sisi lain, kandidat juara Liga 1 juga belum dapat dipastikan karena enam klub masih berpeluang mengunci gelar musim ini. Mereka ialah Bhayangkara FC, Bali United, PSM Makassar, Persipura Jayapura, Madura United, dan Persija Jakarta.

246