Timnas Day! Ini 3 Rekor Kemenangan Besar Indonesia atas Malaysia

Senin, 6 November 2017 09:43 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli SUhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Indonesia vs Malaysia. Copyright: © Grafis: Eli SUhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Indonesia vs Malaysia.

Lanjutan pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-19 di grup F mempertemukan Indonesia dan malaysia yang akan saling beradu kemampuan, Senin (6/11/2017) 09.30 WIB. Seperti diketahui, hasil apapun di laga ini tidak akan berpengaruh untuk Indonesia.

Timnas Indonesia sudah dipastikan lolos karena bertindak sebagai tuan rumah pada gelaran Piala Asia U-19 tahun 2018 mendatang. Namun, Bukan sebuah rahasia jika Malaysia merupakan rival abadi Indonesia.

Sejak pertama kali bertemu pada tahun 1957, banyak pertandingan yang telah dilalui kedua negara di berbagai event. Mengingat kembali sejarah pertemuan kedua negara, Indosport.com merangkum 3 kemenangan besar Indonesia saat menghadapi Malaysia.

Berikut daftarnya :

© INTERNET
Bambang Pamungkas (depan) usai melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya pada Piala AFF 2002. Copyright: INTERNETBambang Pamungkas (depan) 

1. INDONESIA VS MALAYSIA 4-0 (SEA GAMES 1997)

Pada tahun 1997, Indonesia menjadi tuan rumah di ajang dua tahunan itu. Faktor tuan rumah menjadi tenaga tambahan bagi skuat Garuda untuk menunjukkan yang terbaik terlebih saat menjamu musuh bebuyutan, Malaysia.

Hal tersebut terbukti setelah tim Garuda membantai Harimau Malaya dengan skor telak 4-0 di fase grup A. Dua gol dari Fachri Husainy dan masing-masing gol dari Widodo C. Putro dan Kurniawan Dwi Yulianto membenamkan laju Shamsul Amri cs kala itu.

Sayangnya, di SEA Games kali ini Indonesia gagal meraih medali emas setelah tumbang dari Thailand melalui drama adu penalti.

 
© Internet
Irfan Bachdim saat merayakan gol bersama Boaz Solossa dan Andik Vermansyah, pertandingan persahabatan Indonesia vs Malaysia di Manahan Solo. Copyright: InternetIrfan Bachdim saat merayakan gol bersama Boaz Solossa dan Andik Vermansyah.

2. MALAYSIA VS INDONESIA 0-6 (SEA GAMES 1999)

Kala itu lanjutan pertandingan di Grup B SEA Games 1999 mempertemukan Indonesia dengan Malaysia. Laga yang digelar di Stadion Bandar Seri Begawan tersebut berhasil dimenangkan oleh tim Garuda dengan skor amat telak, 6-0.

Bambang Pamungkas yang saat itu baru menjalani debutnya di ajang resmi bersama tim nasional berhasil memukau para pecinta sepak bola Asia dengan menyumbang dua gol ke gawang Ahmad Shahrul.

Namun, kemenangan atas rival terberat itu tak diimbangi dengan laju kencang Indonesia di babak selanjutnya. Di akhir turnamen, skuat arahan Nandar Iskandar itu harus puas dengan status mereka sebagai juara ketiga.

© Indosport/Internet
Caption Copyright: Indosport/InternetCaption

3. INDONESIA VS MALAYSIA 5-1 (AFF 2010)

Memang, Indonesia pernah beberapa kali menang besar atas Malaysia. Namun, kemenangan 5-1 dalam pertandingan pembuka Piala AFF 2010 mempunyai gengsi tersendiri. 

Timnas Malaysia kala itu bermaterikan pemain-pemain jebolan SEA Games 2009, di mana mereka keluar sebagai juara. karena hal itu, mereka difavoritkan akan mengulangi prestasi serupa pada Piala AFF 2010.

Namun sebuah kejutan dilakukan Cristian Gonzales, Irfan Bachdim, Muhammad Ridwan, dan Arif Suyono, mereka membuat M. Asraruddin Putra, kiper Malaysia, tertunduk malu, dan harus memungut bola 5 kali dari dalam gawangnya.

Itu adalah sebuah kisah yang hebat untuk terus diceritakan, walaupun Malaysia berhasil keluar sebagai juara pada gelaran tersebut.

328