Liga Primer Inggris

Slaven Bilic Terdepak, Ketiga Penghangat Bench Ini Beruntung

Selasa, 7 November 2017 00:59 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Pelatih West Ham United, Slaven Bilic. Copyright: © INDOSPORT
Pelatih West Ham United, Slaven Bilic.

Slaven Bilic telah resmi didepak dari kursi pelatih West Ham United setelah dipaksa tunduk oleh Liverpool di markas sendiri dengan skor telak 1-4, dalam rangkaian laga ke-11 Liga Primer Inggris 2017/18, Minggu (05/11/17) dini hari WIB.

Tak hanya Bilic, namun asisten pelatih Nikola Jurcevic, Edin Terzic, Julian Dicks dan Miljenko Rak juga ‘terusir’ dari London Stadium sesaat setelah pemecatan yang dialami pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Meski telah mengasuh skuat The Hammers selama dua tahun lebih, Bilic dan tim pelatihnya belum juga berhasil membawa West Ham United merangsek berkompetisi di papan atas klasemen Liga Primer Inggris.

Di musim 2016/17 lalu West Ham mengakhiri musim dengan finis di posisi 11 dnegan raihan 45 poin, sementara itu hingga pecan ke 11 musim 2017/18, Bilic hanya mampu membawa West Ham menduduki posisi 18 dengan ancaman degradasi.

Namun masih ada sedikit harapan dengan terusirnya Bilic di kursi pelatih West Ham. Setidaknya untuk para pemain yang terbuang talentanya dan lebih banyak menghabiskan waktu mereka sebagai penghangat bangku cadangan.

Sam Byram

© -
Sam Byram Copyright: -Sam Byram

Pemain muda jebolan akademi sepakbola Leeds United ini dibeli West Ham dengan nilai 3,15 juta pounds (55 miliar rupiah).

Sam tidak pernah dimainkan di Liga Primer Inggris musim 2017/18 ini dan sudah sepantasnya pemain berusia 24 tahun ini menjadi perhatian pelatih West Ham yang baru nanti, karena dirinya bermain sangat apik di gelaran Carabao Cup.

Sisi sayap kanan memang area kekuasaan Sam, namun ia sangat fleksibel pergerakannya hingga bisa menutup posisi bek kiri. Dengan performanya itu, pemain asal Inggris ini digadang-gadang dapat menggeser posisi Pablo Zabaleta sebagai salah satu gelandang terbaik di Liga Primer Inggris.

Toni Martinez

© -
Toni Martinez Copyright: -Toni Martinez

West Ham jelas membutuhkan lebih banyak gol di sisi mereka mengingat hasil gol yang mereka raih hingga pekan ke-11 hanya 23 gol, dan striker U-23 Toni Martinez diperkirakan dapat membantu The Hammers memperbaiki catatan perolehan gol mereka.

Pemain berusia 20 tahun ini telah mencetak 10 gol di karier mudanya dan sebagian besar penikmat sepakbola menginginkan pemain berdarah Spanyol ini untuk mendapat kesempatan untuk bermain di tim senior.

Declan Rice

© -
Declan Rice Copyright: -Declan Rice

Bek berkebangsaan Irlandia ini menempati posisi tengah, namun ia juga dapat menjadi tembok yang kokoh di lini tengah West Ham. Dan kehadirannya di posisi belakang memang sangat dibutuhkan oleh West Ham mengingat pertahanan The Hammers erlihat rentan di sebagian besar pertandingan.

Dengan usia yang baru menginjak tahun ke-18, Rice tentu masih dapat mengembangkan permainannya, namun kini potensinya sudah jelas untuk dilihat dari 5 laga Liga Primer yang telah ia mainkan sejauh ini.

496