Ini 3 Stadion yang Jadi Venue Test Even Asian Games 2018

Jumat, 17 November 2017 13:46 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

PSSI bersama pemerintah telah menyusun agenda untuk ajang test even Asian Games 2018 khususnya di cabor sepakbola. Kedua instansi kabarnya akan menyiapkan sebuah turnamen kecil untuk ajang uji coba di tiga venue yang telah ditetapkan.

Sebenarnya ada lima stadion yang dicanangkan untuk venue Asian games 2018 yakni Stadion Patriot, Stadion Pakansari dan Stadion Wibawa Mukti. Stadion Si Jakak Harupat dan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Namun, hanya tiga nama awal yang akan dipakai pada ajang test even yang kemungkinan di gelar pada Februari tahun depan.

"Buat Asian Games 2018 itu sebenarnya ada lima stadion yakni Patriot, Wibawa Mukti, Pakansari, GBLA dan Jalak Harupat. Tetapi untuk test even hanya tiga yang akan pakair di sana. Itu karena GBLA dan Si Jalak Harupat masih renovasi dan juga kita hitung masalah transpotasi juga," tutur Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

"Ajang test event ini kan ingin melihat soal kesiapan stadionnya," sambungnya.

© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Stadion Wibawa Mukti Cikarang Copyright: INDOSPORT/Abdurrahman.RStadion Wibawa Mukti Cikarang

Untuk menyemarakan suasana test even itu, Ratu Tisha menjelaskan pemerintah sudah menyodorkan tujuh negara dari kawasan Asia yang bisa diajak untuk menjajal rumput GBK usai direnovasi. Namun, pihak PSSI harus terlebih dahulu berkirim surat untuk memastikan negara mana saja yang bersedia.

"Ada tujuh negera yang sudah dirilis oleh pemerintah untuk ambil bagian di antaranya Arab Saudi, Qatar, Singapura, Malaysia, China, Korea Selatan dan Vietnam," bebernya.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekretaris Jenderal PSS, Ratu Tisha. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSekretaris Jenderal PSS, Ratu Tisha.

"Ini keinginan pemerintah dan nanti PSSI yang bantu komunikasikan langsung  ke federasi terkait untuk segala sesuatu seperti persiapan, apakah oke atau tidak atau ada yang tidak bisa datang," sambung Tisha.

Ajang test event Asian Games 2018 itu nantinya akan diwakili oleh Timnas Indonesia U-23. Kegiatan itu juga berguna bagi tim asuhan Luis Milla sebagai laga uji coba atau persiapan menuju Asian Games yang digelar Agustus tahun depan di Jakarta dan Palembang.
 

1.7K