Tinggalkan Persib, Michael Essien Kembali ke Chelsea

  • Kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 telah usai.
  • Michael Essien pun lebih memilih meninggalkan Bandung dan kembali ke Chelsea di  jeda kompetisi Liga 1.
Sabtu, 25 November 2017 04:03 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Agus Dwi Witono
© Annisa Hardjanti/INDOSPORT
Presenter Fox Sports Asia, John Dykes (kiri) dan Michael Essien (kanan). Copyright: © Annisa Hardjanti/INDOSPORT
Presenter Fox Sports Asia, John Dykes (kiri) dan Michael Essien (kanan).

Gojek Traveloka Liga 1 musim 2017 sudah berakhir. Otomatis semua klub dan pemain akan diliburkan untuk beberapa saat sebelum musim baru dimulai.

Gelandang Persib Bandung, Michael Essien pun memanfaatkan jeda kompetisi Liga 1 ini dengan menyambangi pusat pelatihan Chelsea di Cobham, London, Rabu (22/11/17) waktu setempat.

Hal tersebut diketahui melalui postingan akun Twitter striker Chelsea, Michy Batshuayi, @mbatshuayi. Dalam unggahannya, Batshuayi menyebut Essien adalah seorang legenda sejati klub London Biru.

"Lihat bersama siapa saya berlari di @ChelseaFC hari ini? @MichaelEssien #Legenda #Rock," kicau Batshuayi.

Sebelum gabung ke Persib Bandung, Michael Essien memang pernah membela Chelsea dalam kurun waktu 2005 hingga 2014. Namun, pada Agustus 2012, Chelsea meminjamkan Michael Essien selama semusim ke Real Madrid, pada Juni 2013 ia kembali ke Stamford Bridge.

Saat membela Chelsea selama 9 tahun, Essien turut menyumbangkan 2 gelar Liga Primer Inggris (2005/06, 2009/10), 4 gelar Piala FA (2006/07, 2008/09, 2009/10, 2011/12), dan masing-masing satu gelar Piala Liga Inggris (2006/07), Community Shield (2009), dan Liga Champions (2011/12).

Michael Essien saat masih berseragam Chelsea. Copyright: www.chelseadaft.orgMichael Essien saat masih berseragam Chelsea.

Sebelumnya agen Essien, Amougou Mathieu, mengungkapkan bahwa kliennya memilih untuk bertahan di Maung Bandung untuk musim 2018 mendatang. Namun, dirinya masih harus menunggu keputusan dari manajemen PT PBB.

Manajemen PT PBB sendiri kabarnya akan menggelar evaluasi terlebih dulu sebelum menentukan komposisi pemain untuk menghadapi kompetisi 2018.

"Essien juga masih bertahan, untuk musim depan kita lihat saja nanti. Belum ditentukan," kata Mathieu.

Michael Essien (tengah/gelandang Persib Bandung) menggendong rekan setimnya, Febri Hariyadi (kiri). Copyright: Gita Agiet/INDOSPORTMichael Essien (tengah/gelandang Persib Bandung) menggendong rekan setimnya, Febri Hariyadi (kiri).

Mathieu mengatakan, pengalaman pemain berusia 34 tahun yang sudah bermain di beberapa klub Eropa seperti Chelsea dan Real Madrid diharapkan bisa membantu Pangeran Biru pada kompetisi 2018. Namun, ia tetap menunggu kepastian nasib kliennya dari manajemen Persib.

"Tapi mungkin Persib masih butuh pengalaman Essien, semua nanti kita akan urus bersama manajemen," harapnya.
 
Pemain yang menggunakan nomor punggung 5 ini didatangkan manajemen Persib pada awal musim Liga 1. Selama membela tim kebanggaan Bobotoh, Essien mendapatkan kesempatan bermain sebanyak 29 pertandingan dan berhasil membuat 5 gol serta 1 assist.