Misi Sulit Jerman Pertahankan Piala Dunia

Sabtu, 2 Desember 2017 10:54 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Arum Kusuma Dewi
© FIFA
Timnas Jerman megantongi 476 miliar rupiah saat menjadi juara Piala Dunia 2014. Copyright: © FIFA
Timnas Jerman megantongi 476 miliar rupiah saat menjadi juara Piala Dunia 2014.

Pelatih Tim Nasional Jerman, Joachim Low menilai timnya tidak akan mudah mempertahankan gelar juara dunia pada Piala Dunia 2018 di Rusia tahun depan. 

Menurutnya, Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 dengan susah payah. Namun bagi dirinya, mempertahankan gelar juara dunia adalah misi yang lebih sulit ketimbang meraih Piala Dunia itu sendiri.

"Menjadi juara beruntun untuk kedua kalinya sangat sulit. Piala Dunia tahun depan akan sangat sulit buat kami," kata Low seperti dikutip dari Tuscon sehari setelah hasil undian grup keluar.

Joachim Low sadar timnya masih jadi unggulan favorit Piala Dunia. Namun, ia juga mewaspadai negara-negara lain seperti Brasil, Argentina, dan Prancis yang juga ingin juara.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESJoachim Low.

Jerman sendiri akan memulai Piala Dunia 2018 dengan tergabung dalam Grup F. Bila ditilik, di atas kertas mereka akan melawan negara yg relatif mudah. Dalam proses undian grup Piala Dunia 2018 di Moskow kemarin, Jerman diputuskan tergabung di Grup F bersama Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan.

Dalam sejarah, tim yang terakhir kali bisa mempertahankan gelar juara dunia adalah Brasil yaitu pada Piala Dunia 1962. Sejak saat itu, belum ada negara yang bisa mengulanginya.

682