Liga Indonesia

Transfer Rodrigo Disebut Langgar Regulasi Liga 1, Ini Jawaban Arema FC

  • Rodrigo Ost Dos Santos baru saja mengikat kontrak bersama klub asal Malang, Arema FC.
  • Kedatangan Rodrigo di Singo Edan itu sempat menuai cibiran di sosial media.
Rabu, 13 Desember 2017 19:20 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT/ Ian Setiawan
Pemain asing baru Arema FC, Rodrigo Ost Dos Santos, sedang menjawab pertanyaan wartawan. Copyright: © INDOSPORT/ Ian Setiawan
Pemain asing baru Arema FC, Rodrigo Ost Dos Santos, sedang menjawab pertanyaan wartawan.

Berlabuhnya Rodrigo Ost Dos Santos sempat menuai cibiran. Akun-akun anonim yang berorientasi sebagai haters Arema FC, mulai menggosok isu bahwa verifikasi sang pemain dianggap tak sesuai regulasi Liga 1.

Sebagaimana tertuang pada Pasal 36 poin kedua Regulasi Liga 1, bahwa pemain asing yang berasal dari Federasi Sepakbola Amerika Selatan (Conmebol), minimal harus berlaga di kasta ketiga atau Seri C.

Cibiran itu pun mengemuka lantaran Ost terakhir kali bermain di kasta keempat atau Seri D Liga Brasil, bersama Esporte Clube Comercial. Ost memang berlaga di Seri D sepanjang musim 2017 silam, sejak Maret hingga November lalu.

Rodrigo Ost Dos Santos resmi bergabung ke Arema FC Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTRodrigo Ost Dos Santos resmi bergabung ke Arema FC.

"Tahun 2017, Rodrigo memang masih bermain di Seri D atau kasta keempat Liga Brasil," papar Ruddy Widodo.

"Tapi sebelum di Arema, data transfer Rodrigo adalah di Seri C atau kasta ketiga Liga Brasil bersama Moto Club," General Manager Arema FC itu menambahkan.

Dari pengamatan INDOSPORT, verifikasi Ost memang sudah tidak bermasalah. Moto Club De Sao Luis, adalah salah satu klub yang akan berlaga di Seri C musim depan, setelah mendapat promosi dari kompetisi Seri D pada musim 2017.

"Jadi verifikasinya sudah tidak masalah. Karena data terakhir di Seri C, maka sudah sesuai regulasi Liga 1," bebernya.

"Rodrigo sebenarnya sudah sign kontrak dengan Moto Club. Meski memang ia belum bermain, karena kompetisi Seri C masih pramusim," tutupnya.

Caption Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTGeneral Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Perlu diketahui untuk mendatangkan Rodrigo, Arema membutuhkan dana yang sangat besar. Menurut rumor yang berada, pemain yang pernah memperkuat Mitra Kukar itu didatangkan Arema dengan mahar mencapai Rp1 miliar.