Tercatat Seismograf, 3 Laga Sengit Sepakbola Ini Timbulkan Gempa Bumi

Sabtu, 16 Desember 2017 10:04 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Kumparan
Seismograf Copyright: © Kumparan
Seismograf

Indonesia kembali ditimpa bencana alam setelah Jumat (15/12/2017) malam tadi, tepat pukul 23.50 WIB, Jakarta diguncang gempa selama kurang lebih 1 hingga 2 menit. Hal tersebut tentu saja membuat kepanikan sejumlah warga Ibukota.

Rupanya gempa bumi tektonik mengguncang Sukabumi, Jawa Barat tepat di hari yang sama, tepatnya pukul 23.04 WIB. Kemudian disusul gempa yang terjadi di Yogyakarta pada 23.50 WIB. Kemungkinan besar getaran yang terasa oleh warga Jakarta berangkat dari gempa di area tersebut.

© en.tempo.co
Seismograf Copyright: en.tempo.coSeismograf

Dari BMKG sendiri, pusat gempa tercatat memiliki kekuatan 4,5 Skala Richter. Dilansir Tribunnews, kedalaman gempa bumi sendiri terbilang cukup dangkal akibat dari aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang menyebabkan terjadinya deformasi batuan. 

Rupanya getaran karena gempa bumi tak hanya mampu dihasilkan oleh adanya pergerakan lempeng, namun juga faktor manusia sebagai penghuni planet ini. Tercatat sejumlah gempa dapat terjadi akibat dari aktivitas manusia yang berlebihan.

© fourfourtwo
Barcelona Copyright: fourfourtwoBarcelona

Siapa yang mengira jika pertandingan sepakbola juga mampu menghasilkan gempa bumi. Ya, dalam sejumlah laga sepakbola, tercatat aksi para pendukung klub dalam jumlah besar mampu menghasilkan getaran hingga terekam oleh alat pengukur getaran gempa yang disebut seismograf.

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum tiga laga sepakbola yang tercatat menghasilkan getaran yang menyebabkan terjadinya gempa bumi hingga tercatat dalam alat seismograf: