Liga Spanyol

Coutinho Berpotensi Bermain Bersama Ronaldo di Timnas Portugal

Rabu, 14 Februari 2018 20:16 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Philippe Coutinho sedang menggiring bola saat menjalani debut perdana di Barcelona. Copyright: © INDOSPORT
Philippe Coutinho sedang menggiring bola saat menjalani debut perdana di Barcelona.

Mantan bintang Liverpool, Philippe Coutinho, dikabarkan akan berganti status kewarganegaraan menjadi warga Portugal. Jika statusnya sebagai warga Brasil berubah, maka Barcelona dapat membeli incaran mereka yang berasal dari luar benua Eropa.

Coutinho yang merupakan pemain asal Brasil dibeli oleh Barcelona dari Liverpool pada bursa transfer musim dingin di Januari lalu. Namun kini pemain Tim Samba itu dapat bergabung bersama Cristiano Ronaldo di tim nasional Portugal.

Coutinho yang berkewarganegaraan Brasil kini dapat mengajukan diri untuk menjadi warga Portugal. Hal tersebut dapat terjadi karena sang istri, Aine Coutinho adalah warga Portugal. 

Peraturan negara pemenang Piala Euro 2016 itu sendiri memberi opsi bagi orang yang menikahi salah satu warganya untuk menjadi warga negara Portugal, setelah tiga tahun pernikahan sah mereka.

© sport.es
Neymar dan Coutinho saat membela timnas Brazil Copyright: sport.esNeymar dan Coutinho saat membela timnas Brazil

Hal ini tentu membuat Barcelona dapat sedikit bernafas lega. Pasalnya, jika Coutinho menjadi warga Portugal maka kuota pemain asing non Eropa akan berkurang, dan Barcelona bisa kembali membeli pemain baru dari luar benua Eropa. Untuk hal ini Barcelona berpotensi menggaet pemain Gremio, Arthur yang berasal dari Brasil. 

© INDOSPORT
Luis Suarez berselebrasi usai cetak gol ke gawang Valencia di semifinal Copa del Rey 2017/18. Copyright: INDOSPORTLuis Suarez berselebrasi usai cetak gol ke gawang Valencia di semifinal Copa del Rey 2017/18.

Jika Coutinho resmi memegang paspor Portugal dan Barcelona memanfaatkan hal itu, maka ini akan menjadi kali kedua Barcelona memainkan pasport penggawa mereka. Sebelumnya Luis Suarez yang merupakan asal Uruguay didaftarkan oleh Barcelona dengan paspor Italia. Paspor Italia didapat karena istri Suarez merupakan warga negara asal Negeri Pizza tersebut.