Liga Indonesia

Mario Gomez Buka Suara Soal Regulasi Pemain Asing di Liga 1 2018

Kamis, 15 Februari 2018 14:03 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© vikingpersib.co.id
Pelatih baru Persib Bandung, Mario Gomez saat berpidato. Copyright: © vikingpersib.co.id
Pelatih baru Persib Bandung, Mario Gomez saat berpidato.

Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez tidak mempermasalahkan dan menerima regulasi pemain asing yang diterapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk setiap klub pada kompetisi Liga 1 2018.

Pada musim kompetisi 2018, ada pembatasan bagi pemain asing asal Benua Afrika yang berlaga di Liga 1. Pemain dari dari lima kompetisi domestik Afrika yakni Tunisia, Mesir, Kongo, Aljazair, dan Sudan yang boleh bermain untuk Liga 1 2018, mereka juga sebelumnya harus bermain di kompetisi tertinggi dari lima negara tersebut.

© INDOSPORT
Logo Liga 1. Copyright: INDOSPORTLiga 1 memiliki regulasi baru soal pemain asing.

Bagi pemain di luar lima negara Afrika tersebut masih bisa bermain di Liga 1 2018, dengan catatan mereka sudah pernah berkarir di Eropa, seperti Michael Essien dari Ghana yang sempat memperkuat beberapa klub di Eropa.

Menurut Gomez, saat ini pemain asing yang dimiliki Persib tidak ada yang terganjal masalah regulasi tersebut dan bisa diturunkan pada kompetisi kasta tertinggi sepak bola nasional musim 2018.

"Kita sudah punya untuk pemain asing. Kita mengikuti saja apa yang Liga berlakukan, itu memang urusan mereka," ucap Gomez.

Persib sendiri saat ini sudah memiliki empat pemain asing, tiga non Asian yakni Michael Essien, Bojan Malisic, Ezechiel N'douassel dan satu dari Asia, yakni Oh In-Kyun. Dari keempat pemain tersebut, tiga diantaranya sudah merasakan atmosfer sepak bola Indonesia lebih dulu.

© Istimewa
Striker Persib Bandung, Ezechiel Ndouassel. Copyright: IstimewaStriker Persib Bandung, Ezechiel Ndouassel.

Sedangkan Bojan yang berasal dari Serbia baru bergabung dengan tim kebanggaan Bobotoh pada musim ini. Pemain yang berposisi sebagai pemain belakang ini tercatat pernah bermain di sejumlah negara seperti Tiongkok, Ukraina, Uzbekistan, Filipina, dan Serbia. Dalam empat tahun terakhir, dia bermain untuk South China, klub yang berlaga di Liga Premier Hong Kong.

Perlu diketahui kompetisi Liga 1 musim 2018 akan mulai bergulir pada 10 Maret 2018 mendatang. Meski jadwalnya sudah diketahui, siapa dua klub pertama yang akan menggelar pertandingan belum ada kejelasan.

343