Bola Internasional

Bukan Sheikh Mansour, Ini 5 Pemilik Klub Sepakbola Terkaya di 2018

Jumat, 9 Maret 2018 09:33 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Birkbeck Sport Business Centre
Ilustrasi Bola dan Uang. Copyright: © Birkbeck Sport Business Centre
Ilustrasi Bola dan Uang.

Seiring perkembangan zaman, sepakbola sudah mengalami pergeseran tujuan. Dari semula hanya sebatas olahraga biasa, hingga akhirnya kini menjadi peluang bisnis menguntungkan.

Terbukti mulai banyak pengusaha-pengusaha yang mengalihkan pandangan ke dunia kulit bundar. Mereka bahkan tidak ragu mengeluarkan uang hingga triliunan rupiah demi memiliki sebuah klub sepakbola.

Memang untuk memiliki sebuah klub sepakbola jelas diperlukan modal besar. Pasalnya, mereka akan bertanggung jawab terhadap gaji pemain, penyediaan perlengkapan latihan, hingga perbaikan stadion.

© Ian MacNicol/Getty Images
Aksi selebrasi tim Manchester United usai memenangkan pertandingan sebagai juara Liag Europa musim 2016/17. Copyright: Ian MacNicol/Getty ImagesEuforia sepakbola mampu menarik pengusaha-pengusaha untuk menjadi pemilik klub.

Namun, modal itu sendiri bisa jadi akan mengembalikan keuntungan yang besar. Keuntungan itu sendiri bisa berasal dari proses transfer pemain, penjualan tiket dan pernak-pernik klub, serta dukungan sponsor.

Nah, saat ini kebanyakan orang menyebut Mansour bin Zayed Al Nahyan yang merupakan pemilik Manchester City sebagai pemilik klub terkaya di dunia, atau mungkin konglomerat Qatar, Nasser Ghanim Al-Khelaifi, pemilik Paris Saint-Germain.

Akan tetapi secara mengejutkan, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Forbes, pria yang biasa dipanggil Sheikh Mansour itu bukanlah pemilik klub terkaya di dunia.

Alih-alih ada lima nama pemilik klub lainnya yang ditaksir memiliki kekayaan terbanyak. Menariknya dua nama di atas tidak memiliki klub yang berlaga di Eropa, yang notabene kiblat sepakbola dunia.

Penasaran siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT coba sajikan kelima pemilik klub tersebut.

2K