x

Nasib Debutan Louis van Gaal di Tangan Mourinho

Jumat, 26 Agustus 2016 22:04 WIB
Editor: Dery Adhitya Putra

Saat banyak yang mempertanyakan langkah Louis van Gaal melepas beberapa pemain senior, pelatih asal Belanda tersebut menyatakan bahwa skuad kecil membuatnya bisa memberikan kesempatan kepada pemain muda.

Sejumlah pemain senior seperti Angel Di Maria, Robin van Persie, Nani, Jonny Evans dan Chicharito harus meninggalkan Old Trafford. Sebagai gantinya, beberapa pemain Manchester United reserves dan U-18 diberikan kesempatan unjuk gigi bersama tim utama The Red Devils.

Meski dianggap gagal membawa United kembali berjaya di Liga Primer Inggris, tidak sedikit yang memuji keputusan Van Gaal memberi kesempatan kepada pemain muda. Mantan pelatih Bayern Munchen tersebut dianggap melestarikan tradisi klub yang terkenal sering memproduksi bintang dari akademi.

Berikut ini beberapa debutan pada era kepelatihan Louis van Gaal:


1. Andreas Pereira

Meski dinilai punya bakat besar, Andreas Pereira gagal menembus skuad utama Manchester United.

Nasib saat ini: Dikabakan segera dipinjamkan ke Granada

Direkrut pada 2012, saat berusia 16 tahun, dari PSV Eindhoven, Andreas Pereira menjalani debut bersama tim utama Manchester United dua tahun kemudian.

Debut Pereira bersama United terjadi pada Agustus 2014, saat United bertamu ke markas MK Dons di ajang Piala Liga Inggris. Turun menggantikan Saidy Janko pada awal babak kedua, winger kelahiran Belgia tersebut tidak mampu berbuat banyak saat tim yang dibelanya dibantai dengan skor telak, 4-0.

Musim lalu, total Pereira turun sebanyak 11 kali dan hanya mencetak 1 gol. Dari 11 catatan, 4 di antaranya berasal dari penampilan di Liga Primer Inggris.


2. Timothy Fosu-Mensah

Usai tampil mengesankan pada laga melawan Tottenham Hotspur April lalu, Timothy Fosu-Mensah diprediksi akan menjadi pilar United di masa depan

Nasib saat ini: Masuk jajaran tim inti

Belajar sepakbola di akademi Ajax Amsterdam, pada 2014 Manchester United merekrut Timothy Fosu-Mensah. Pemuda berdarah Ghana tersebut menjalani debut bersama tim utama Manchester United dua tahun kemudian.

Fosu-Mensah melakukan debut bersama United saat Setan Merah menjamu Arsenal di Old Trafford, pada pekan ke-27 Liga Primer Inggris musim lalu. Di laga tersebut, pemain bernama lengkap Timothy Evans Fosu-Mensah tersebut masuk menggantikan Marcos Rojo pada menit ke-55.

Sepanjang musim 2015/16, Fosu-Mensah diturunkan Louis van Gaal sebanyak delapan kali, dengan rincian 2 kali sebagai starter dan 6 kali menjadi pemain pengganti.


3. Paddy McNair

Paddy McNair gagal menembus skuad utama Manchester United dan kini bergabung dengan Sunderland

Nasib saat ini: Dijual ke Sunderland

Direkrut dari klub Irlandia Utara, Ballyclare Colts, pada 2011, Paddy McNair baru menjalani debut bersama tim utama 2 tahun lalu.

Pertandingan melawan West Ham United pada September 2014 menjadi laga pertamanya bersama tim utama Manchester United. Banyaknya pemain bertahan yang mengalami cedera membuat Van Gaal menurunkan McNair sebagai partner Marcos Rojo di jantung pertahanan United.

Total musim lalu, pemain bernama lengkap Patrick James Coleman McNair tersebut tampil bersama tim utama sebanyak 9 kali. Hal tersebut merupakan penurunan, sebab pada Liga Primer Inggris musim 2014/15, McNair diturunkan Van Gaal sebanyak 16 kali.


4. Jesse Lingard

Selebrasi Jesse Lingard usai mencetak gol yang membawa Manchester United memenangkan trofi piala FA.

Nasib saat ini: Masuk jajaran pemain utama

Bergabung dengan akademi Manchester United sejak berusia tujuh tahun, Jesse Lingard menandatangani kontrak profesional pertamanya pada musim panas 2011, saat berusia 18 tahun.

Pemain 23 tahun tersebut harus dikirim United "belajar" ke Leicester City, Birmingham City, Brighton & Hove Albion, dan Derby Country sebelum menjalani debut bersama tim utama Setan Merah.

Lingard tampil pertama kali bersama United di kompetisi resmi pada laga melawan Swansea City, Agustus 2014. Diturunkan sebagai starter, Lingard tidak lama berada di lapangan sebab Louis van Gaal menggantinya dengan Adnan Januzaj akibat cedera pada menit ke-24.

Setelah hanya sekali tampil di Liga Primer Inggris 2014/15, musim lalu Lingard menjadi salah satu pemain andalan Van Gaal. Total winger muda tersebut diturunkan sebanyak 25 kali di liga dan menjadi aktor penentu kemenangan United, atas Crystal Palace, pada final Piala FA.


5. Cameron Borthwick-Jackson

Cameron Borthwick-Jackson (kanan) pada laga melawan Liverpool

Nasib saat ini: Dipinjamkan ke Wolverhampton Wanderers

Sebagai putra asli Manchester, Cameron Borthwick-Jackson bergabung dengan akademi sepakbola Manchester United pada Juli 2003, saat usianya masih 6 tahun. Bek yang kini berusia 19 tahun tersebut menjalani debut bersama tim utama 12 tahun kemudian.

Pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris musim lalu, The Red Devils menjamu West Bromwich Albiom di Old Trafford. Pada pertandingan tersebut, nama Borthwick-Jackson melakukan debut bersama tim utama saat dirinya masuk menggantikan Marcos Rojo pada menit ke-76.

Musim lalu, Borthwick-Jackson diturunkan oleh Louis van Gaal pada ajang Liga Primer Inggris sebanyak 10 kali. Dengan kembalinya Luke Shaw, yang harus menepi selama hampir satu tahun akibat patah kaki, musim ini peluangnya untuk masuk jajaran tim utama tertutup.


6. Tyler Blackett

Aksi Tyler Blackett saat berlaga melawan Leicester City.

Nasib saat ini: Dijual ke Reading

Lahir dan besar di Manchester, Tyler Blackett menimba ilmu di akademi Manchester United sejak berusia 8 tahun. Pemain bertahan yang kini berusia 22 tahun tersebut menjalani debut bersama tim utama 12 tahun kemudian.

Sama dengan Jesse Lingard, pertandingan melawan Swansea City pada pekan pertama Liga Primer Inggris musim 2014/15 menjadi laga debut Blackett bersama United. Di pertandingan tersebut, dia bermain penuh selama 90 menit dan mendapatkan satu kartu kuning.

Di musim 2014/15 Blacket tampil sebanyak 11 kali bersama tim inti, dengan rincian 6 kali starter dan 5 kali sebagai pemain pengganti. Musim berikutnya, ia dipinjamkan ke Celtic dan hanya diturunkan sebanyak 3 kali.


7. Marcus Rashford

Selebrasi Marcus Rashford berhasil setelah gol.

Nasib saat ini: Masuk jajaran tim inti

Sebagai bocah asli Manchester, Marcus Rashford bergabung dengan akademi Manchester United saat berusia 7 tahun. Kesempatan untuk debut datang kepadanya 11 tahun kemudian.

Cedera yang dialami Anthony Martial saat pemanasan, membuat nama Rashford terpaksa masuk daftar starter pada laga leg kedua Liga Europa yang berlangsung di Old Trafford Februari lalu. Penyerang berusia 18 tahun tersebut membuat dua gol dan mencetak rekor sebagai pencetak gol termuda United di Eropa, mengalahkan George Best.

Tiga hari kemudian, Rashford kembali diturunkan pada laga melawan Arsenal. Pemain termuda yang pernah membela timnas Inggris di ajang Euro tersebut kembali tampil apik, dengan mencetak 2 gol dan 1 assist.

Prestasi tersebut membantunya mengamankan posisi penyerang utama United sepanjang sisa musim. Dari 11 penampilannya bersama United di Liga Primer Inggris, Rashford mencetak lima gol.

Manchester UnitedLouis van GaalPaddy McNairJesse LingardMarcus RashfordLiga Inggris

Berita Terkini