x

Begini Kronologi Nyanyian Rasis di Mess Persija Versi Gunawan Dwi Cahyo

Rabu, 28 Maret 2018 16:36 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Gunawan Dwi Cahyo.

Soal video aksi nyanyian rasis yang ditujukan pada bobotoh oleh oknum Persija dan menyeret nama Gunawan Dwi Cahyo, pemain bintang itu pun akhirnya angkat bicara. 

Saat dihubungi langsung oleh INDOSPORT, bintang bek klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut tak segan menjelaskan dengan gamblang bagaimana kronologi sebenarnya yang terjadi. 

Dirinya pun kembali menekankan soal klarifikasinya bahwa bukan dia yang melakukan aksi penghinaan para bobotoh seperti yang banyak dituduhkan padanya usai video aksi tersebut tersebar di media sosial.

Baca Juga

1. Numpang Kamar Mandi

Gunawan Dwi Cahyo.

Gunawan menuturkan bahwa dirinya kala itu hendak menumpang ke kamar mandi yang ada di Mess Persija di bilangan Jakarta Timur. Saat itu, nampak para pemain tengah bernyanyi bersama diiringia alunan gitar Riko Simanjuntak. 

"Saya pribadi tidak ngomong gitu. Saat itu saya ingin jalan numpang mau ke kamar mandi. Karena anak-anak lagi rame nyanyi-nyanyi, saya ikut. Saat kata-kata penghinaan itu terdengar, kebetulan wajah saya yang malah muncul di video itu."

"Saya itu memang menyebut Bobotoh, tapi bukan menghina. Saya cuma sebut 'ini Bobotoh, ini Bobotoh,' menunjuk ke Ahmad Syaifullah untuk goda dia.

"Soalnya dia kan dulu pernah main di Persib, tapi cuma begitu saja," paparnya. "Tapi sama sekali ngga ada kata-kata yang bermaksud menghina Viking. Tidak ada sama sekali," jelasnya.


2. Gunawan Tunjukkan Bukti

Gunawan Dwi Cahyo.

Gunawan sendiri tak segan menjelaskan bahwa dirinya kala itu hanya menyebut kata Bobotoh untuk menggoda pemain Persija yang merupakan eks Persib, Ahmad Syaifullah.

Namun, untuk kata-kata yang menghina Bobotoh sendiri, Gunawan meminta agar masyarakat, terutama Bobotoh untuk lebih memperhatikan kembali suara tersebut, dan meminta untuk dibandingkan dengan suaranya. 

"Coba tolong lebih diperhatikan, bisa juga dibandingkan suara yang mengatakan hal itu dengan suara saya sendiri, pasti berbeda," yakinkannya lagi. 


3. Awal Mula

Penggawa Persija Jakarta nyanyi.

Bermula dari video live Instagram Riko Simanjuntak, nampak pemain berdarah Batak tersebut tengah mengajarkan budaya daerahnya pada bek berkebangsaan Brasil, Jaimerson da Silva Xavier.

Sebenarnya, bukan video ketika Riko yang sedang menyanyikan lagu Batak bersama Jaime yang dipermasalahkan oleh Viking, melainkan keseluruhan video siaran langsung tersebut.

Dalam video tersebut nampak beberapa pemain tengah benyanyai dan tertawa di Mess Persija di Jakarta Timur. Namun, di sela suara tawa dan bunyi gitar, terdengar teriakan yang menghujat bernada rasialis ke suporter Persib, Bobotoh.

Persib BandungPersija JakartaVikingBobotohGunawan Dwi CahyoLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini