x

Bangga! Media Asing Ternama Sebut Suporter Indonesia Terbaik di Dunia

Kamis, 12 April 2018 16:43 WIB
Editor: Isman Fadil
Koreo The Jakmania di SUGBK.

Pertandingan sepakbola tidak terlepas dari pemain ke-12 di lapangan yaitu, suporter. Setiap pertandingan sepakbola di Indonesia selalu dinantikan masyarakat. Masyarakat berbondong-bondong datang ke stadion memberikan dukungan kepada tim kesayangannya untuk bertanding. Hal itu bisa dilihat ketika klub maupun Tim Nasional (Timnas) Indonesia bertanding.

Suporter tersebut tak mengenal kata lelah untuk mendukung klub kebanggaannya bertanding. Sifat loyalitas, fanatisme, dan kreativitas menyatu dalam darah mereka. Hal inilah yang membuat salah satu media asing ternama terpukau dengan aksi suporter Indonesia.

Baca Juga

1. Dilirik Media Internasional Ternama

Suporter Bali United

Salah satu media asing ternama yang mengangkat suporter Indonesia adalah, Fox Sports Asia. Jurnalis Fox Sports Asia, John Duerden, yang melakukan perjalanan ke Indonesia mengaku terkesima dengan aksi para suporter di Tanah Air. Dia pun mencontohkan aksi suporter Bali United saat menghadapi PSMS Medan di pekan pertama Liga 1.

John Duerden pun membayangkan seperti apa nantinya perayaan suporter jika Indonesia berhasil lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1938.

"Anda harus bertanya-tanya apa yang akan terjadi di Indonesia jika tim nasional pernah berhasil mencapai Piala Dunia. Perayaan mungkin akan terlihat dari luar angkasa. Jutaan turis datang ke Indonesia tanpa pernah tahu bahwa mereka berada di tempat yang mencintai sepakbola," tulis John Duerden.


2. Puji The Jakmania

Para suporter Jakmania.

Selain Bali, John Duerden juga memuji aksi suporter Persija Jakarta, The Jakmania. Pada Piala AFC tahun ini, Persija terus memecahkan rekor jumlah penonton terbanyak di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Pada laga Persija melawan Tampines Rovers ada sekitar 46.000 pasang mata yang menyaksikan langsung ke stadion.

Fox Sports Asia memuji setinggi langit aksi suporter Indonesia.

Bahkan rekor itu pecah saat klub berjuluk Macan Kemayoran bertemu Johor Darul Takzim asal Malaysia yang disaksikan lebih dari 60.000 penonton di GBK. Namun bukan soal kuantitas yang membuat Fox Sport Asia terkagum-kagum, melainkan kualitas atmosfer pertandingan hasil kreativitas dari The Jakmania.

"Setiap orang harus merasakan pengalaman Gelora Bung Karno setidaknya sekali. Indonesia layak menjadi berita utama internasional untuk sesuatu yang positif. Dan itulah yang terjadi minggu ini berkat Persija Jakarta. Ini hanya menunjukkan potensi yang ada di negara ini. Bayangkan saja apa yang akan terjadi jika negara meraih prestasi di internasiona. Suatu hari dunia akan melihat negara ini (Indonesia)," tulis John Duerden dalam artikel di Fox Sport Asia berjudul "Indonesia fans have no equals when it comes to passion for the game".


3. Panen Pujian dari Publik Malaysia Hingga Polandia

Aksi koreografi Brigata Curva Sud (BCS) saat di laga pembuka Liga 2.

Pujian untuk hasil kreativitas suporter Indonesia juga datang dari suporter Malaysia. Melalui akun suporter Malaysia bernama @malayantiger.my. Akun tersebut terkagum-kagum dengan aksi koreografi dari The Jakmania di pertandingan Persija vs Johor Darul Takzim.

"3D Koreo by The Jak Mania. Superb," tulis akun tersebut disertai emoticon api.

Sebelum Jakmania, aksi suporter PSS Sleman, Brigata Curva Sud (BCS) juga sempat masuk cover majalah sepakbola Polandia bernama To My Kibice edisi musim panas 2017. To My Kibice merupakan majalah bulanan yang ditujukan kepada para penggemar sepakbola yang terbit sejak 2001. Majalah ini sendiri berbasis di Kota Belchatow.

Hal ini bukan pertama kali BCS menunjukkan prestasi dan eksistensinya di kancah sepakbola internasional. Sebelumnya, BCS pernah dinobatkan menjadi suporter terbaik versi media asing Copa90 pada tahun 2016.

BCS masuk dalam kategori suporter terbaik bersanding dengan suporter garis keras di seluruh dunia seperti CSKA Sofia (Bulgaria), Newell's Old Boys (Argentina), Dynamo Dresden (Jerman), dan Legia Warszawa (Polandia).

Persija JakartaThe JakmaniaSuporterSuporter Pecinta Sepakbola NasionalBola InternasionalBrigata Curva Sud

Berita Terkini