x

Bintang Persija, Persib, dan Eks Juventus Masuk Kandidat Pemain Terbaik April Versi APPI

Kamis, 3 Mei 2018 17:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Riko Simanjuntak, gelandang sayap Persija Jakarta.

Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) telah menerapkan lima pemain yang terpilih sebagai kandidat Player of The Month atau pemain terbaik bulan April di kompetisi Liga 1. Menariknya, dari beberapa nama tersebut, ada yang berasal dari Persija Jakarta dan Persib Bandung.

APPI yang bekerja sama dengan Labbola selaku penyedia data statistik pesepakbola memilih lima pemain dari lima klub berbeda yakni Ezechiel N'douassel (Persib Bandung), Douglas Packer (Barito Putera), Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Ian Louis Kabes (Persipura Jayapura) dan Fernando Rodriguez Ortega dari Mitra Kukar.

Baca Juga

1. Alasan Terpilihnya 5 Kandidat

Ezechiel N'Douassel membawa bola ke arah gawang Borneo FC,

Ezechiel dipilih karena selama bulan lalu mampu mencatatkan enam gol dan satu assist serta terlibat tujuh gol dari total sembilan gol yang telah dilesakkan Maung Bandung. Ia juga memiliki 60 persen conversion rate (melakukan 10 tembakan dan 6 berbuah gol), serta akurasi tembakannya mencapai 52 persen.

Untuk Douglas Packer, kendati sebagai gelandang ia cukup produktif dengan lima gol dan akurasi tembakannya sangat bagus yakni 60 persen. Mantan pemain Juventus yang kini berseragam Barito Putera ini juga punya coversion rate mencapai 83 persen yaitu mencetak lima gol dari enam tembakan shoot on target.

Beralih ke Riko Simanjuntak. APPI menyertakan pemain mungil ini sebab mampu membuat 17 peluang, tiga assist, 13 crossing serta 14 kali dribble sukses yang merupakan rating tertinggi selama bulan April. Sedangkan Ian Louis Kabel jadi pemain paling senior yang masuk kandidat karena membuat tiga assist di tiga laga beruntun yang menjaga Persipura di peringkat pertama dan menciptakan 7 peluang mencetak gol.

Sementara itu, striker Mitra Kukar, Fernando Rodriguez dianggap layak masuk kandidat pemain terbaik karena sudah mencetak enam gol dari total sembilan gol milik Naga Mekes. Pemain asal Spanyol itu tercatat punya 50 persen akurasi tembakan dan conversion rate mencapai 75 persen.


2. Belum Dibocorkan

Ponaryo Astaman saat memberikan komentar kepada awak media.

Kendati demikian, CEO APPI, Ponaryo Astaman belum mau membocorkan siapa pemain pertama yang meraih penghargaan pertama. Eks Borneo FC itu ingin ada kejutan bagi masyarakat pencinta sepakbola yang selama ini terus mendukung pemain dan tim kebangaan.

"Belum boleh dikasih taulah, kalau dibocorkan namanya bukan kejutan lagi. Jadi tunggu saja yah, dalam wakti dekat akan diumumkan," tuturnya.


3. Bonus Pendidikan dan Perjalanan ke Eropa

Launching APPI 2018.

Sebagai informasi, pemain yang menerima penghargaan ini akan mendapatkan hadiah atau bonus yang cukup menggiurkan. Direktur bisnis dan pengembangan APPI, Simon Nainggolan, menjelaskan jika pemain terpilih di tiap bulan tersebut akan terbangkan ke Eropa. Pemain yang bersangkutan bebas memilih negara dan stadion impian mana yang akan dikunjungi. Hal itu dinilai sebagai bentuk apresiasi dan edukasi dari APPI untuk pesepakbola berprestasi.

Tak hanya tiket ke Eropa, APPI juga akan memberikan apresiasi lainnya berupa beasiswa pendidikan kepada pemain. Pemain terpilih bisa melanjutkan pendidikan baik S1, S2 dan lainnya sesuai minat di President University, Cikarang yang bekerja sama dengan APPI.

Ponaryo AstamanAsosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI)Ian KabesLiga IndonesiaRiko SimanjuntakLiga 1Ezechiel N'DouasselFernando RodriguezDouglas Packer

Berita Terkini