x

3 Negara Ini Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Rabu, 13 Juni 2018 23:01 WIB
Editor: Juni Adi
Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada terpilih jadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Jelang bergulirnya Piala Dunia 2018, federasi sepakbola dunia, FIFA baru saja selesai menggelar kongres luar biasa untuk menentukan tuan rumah Piala Dunia 2026 di Moskow, Rusia, pada Rabu (13/06/18) waktu setempat.

Dilansir dari BBC, kongres tersebut dihadiri sebanyak 211 delegasi negara anggota FIFA untuk melakukan voting menentukan tuan rumah.

Akan tetapi, tujuh perwakilamn diantaranya tak bisa memilih karena mewakili negara calon tuan rumah, yakni Amerika Serikat, Kanada, Meksiko dan Maroko serta negara bagian Amerika Serikat, seperti Guam, Puerto Riko, Samoa, dan Kepulauan Virgin.

Baca Juga

1. 3 Negara Terpilih

Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada terpilih jadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Setelah berlangsung beberapa menit, akhirnya pemenang bidding pun keluar. Tiga negara yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko terpilih setelah meraih suara 134 suara, sedangkan Maroko hanya 65 suara.

Ini adalah kali pertama dalam sejarah, Piala Dunia diadakan di tiga negara. Sebelumnya, hanya ada dua negara bersama yang menggelar ajang empat tahunan tersebut seperti Jepang dan Korea Selatan pada 2002 silam.

"Kami semua bersatu dalam sepakbola. Terima kasih banyak untuk kehormatan luar biasa ini. Terima kasih telah mempercayakan kami dengan hak istimewa ini," kata Presiden Sepak Bola AS, Carlos Cordeiro dikutip dari BBC.


2. Perserta Lebih Banyak

Trofi Piala Dunia.

Sebagai tambahan informasi, Piala Dunia 2026 juga akan jadi Piala Dunia terbesar yang pernah diadakan dalam sejarah, dengan peserta mencapai 48 tim yang akan melangsungkan total 80 pertandingan selama 34 hari.


3. Mayoritas Dilaksanakan di Amerika Serikat

Tiga negara yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia 2026.

Selain itu, 16 kota juga telah terpilih untuk jadi penyelenggara, 10 akan berada di Amerika Serikat sementara sisanya akan dibagi secara merata antara Kanada dan Meksiko.

Sedangkan untuk pembagian pertandingan, dari total 80 laga, 60 akan berlangsung di Amerika Serikat, sementara Kanada dan Meksiko akan menjadi tuan rumah masing-masing 10 pertandingan.

Final sendiri akan diadakan di Stadion MetLife yang berkapasitas 84.953 penonton yang merupakan rumah bagi klub NFL, New York Giants dan New York Jets.

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

MeksikoAmerika SerikatFIFAPiala DuniaKanadaBola InternasionalPiala Dunia 2026

Berita Terkini