x

Kontroversial! 4 Pemain Sepak Bola yang Berhasil Cetak Gol dengan Tangannya

Senin, 10 September 2018 23:59 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Ekspresi Diego Maradona usai Argentina menang.

INDOSPORT.COM - Sepak bola adalah permainan olahraga yang dimainkan dengan kaki. Setiap pemainnya jelas harus pintar dalam menggunakan kedua pasang kaki untuk mengolah bola.

Penggunaan tangan pun sangat diharamkan dalam sepak bola. Terkecuali untuk posisi penjaga gawang dan aktivitas lemparan ke dalam.

Bila ada pemain yang terlihat menggunakan tangan (di luar posisi penjaga gawang dan lemparan ke dalam) saat permainan, wasit pasti akan menganggapnya sebagai pelanggaran handball. Jika hal ini sampai dilakukan dengan sengaja, wasit kemungkinan besar tak akan ragu mengeluarkan kartu merah sebagai hukumannya.

Baca Juga

Meskipun demikian, ternyata ada saja pemain sepak bola profesional yang sengaja melakukan aksi handball itu. Bahkan, beberapa di antaranya dilakukan untuk mencetak gol, dan tak diketahui oleh sang pengadil lapangan.

INDOSPORT mencoba merangkum beberapa pemain sepak bola yang sukses mencetak gol dengan tangannya. Berikut ulasannya!


1. Raul Ruidiaz (Peru)

Raul Ruidiaz saat berlaga bersama Timnas Peru.

Bertemu dengan Brasil di babak grup Copa America Centenario 2015, Peru berhasil mengkahiri pertandingan dengan kemenangan 1-0. Uniknya, satu-satunya gol di laga ini tercipta dari tangan seorang Ruidiaz.  

Menerima umpan dari sisi kiri pertahanan Brasil, Ruidiaz yang berada di depan mulut gawang, berhasil menyontek bola dengan tangannya. Bola pun masuk ke gawang dan wasit mengesahkan kejadian tersebut sebagai sebuah gol.


2. Adriano (Inter Milan)

Mantan striker Inter Milan, Adriano Leite Ribeiro.

Derby panas kota Milan pada 2009 silam, Adriano berhasil mencetak gol yang sangat kontroversial. Bagaimana tidak, Adriano mampu mencetak gol menggunakan tangannya. 

Menerima umpan lambung Maicon dari sisi kanan, sundulan Adriano tiba-tiba memantul ke tangannya dan sukses mengecoh penjaga gawang Milan kala itu, Abbiati. 

Beruntung, wasit tidak melihat kejadian tersebut sebagai pelanggaran. Gol dari Adriano tersebut pun tetap disahkan oleh sang pengadil lapangan.


3. Diego Maradona (Argentina)

Caption

Gol dari Maradona ini begitu melegenda hingga sekarang. Bahkan, saking ajaibnya bisa mengelabui wasit, gol tersebut sampai diberi julukan “Gol Tangan Tuhan”. 

Ya, Maradona melakukan hal ini saat Timnas Argentina berhadapan dengan Inggris di babak semifinal Piala Dunia 1986 silam. Kala itu, di area kotak penalti, Maradona yang ingin menyambut bola liar dengan sundulan, harus berhadapan satu lawan satu dengan kiper Inggris, Peter Shilton. 

Maradona sadar, ia tak mungkin memenangkan duel udara kalau tetap berusaha menjangkau bola dengan kepalanya. Pasalnya, Shilton memiliki postur badan yang jauh lebih tinggi ketimbang Maradona.

Melihat situasinya seperti itu, Maradona akhirnya memutuskan untuk menyentuh bola dengan tangannya. Bola pun sukses masuk ke gawang, dan wasit tetap mengesahkannya menjadi sebuah gol.


4. Lionel Messi (Barcelona)

Lionel Messi

Disebut-sebut sebagai titisannya Maradona, mungkin jadi faktor yang membuat Lionel Messi sampai tega melakukan kecurangan ini. Ya, Messi ikut-ikutan mencetak gol menggunakan tangan saat Barcelona berhadapan dengan Espanyol di semifinal Copa Del Rey 2007 silam.

Baca Juga

Kala itu, Messi berusaha menyambut bola liar yang melambung tinggi di depan gawang Espanyol. Alih-alih disundul, Messi justru dengan cerdiknya menyontek bola menggunakan tangannya. Bola pun lantas masuk ke gawang, dan wasit tetap mengesahkannya menjadi sebuah gol.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

BarcelonaLionel MessiDiego MaradonaBola Internasional

Berita Terkini