x

5 Bintang Muda yang Bakal Bersinar di Piala AFF 2018

Sabtu, 13 Oktober 2018 20:53 WIB
Editor: Juni Adi
Lima Bintang Muda yang Bakal Bersinar di Piala AFF 2018.

INDOSPORT.COM - Sejumlah bintang muda di Asia Tenggara mulai bermunculan dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut membuat mereka akan jadi andalan di ajang Piala AFF 2018 nanti.

Bagi negara-negara Asia, khususnya di Asia Tenggara tahun 2018 ini bisa dibilang adalah tahunnya pesta sepak bola. Sebab, sejumlah turnamen berlabel internasional akan banyak digelar mulai dari level junior hingga senior.

Yang paling ditunggu-tunggu tentunya adalah ajang Piala AFF 2018 yang akan mulai berlangsung pada 08 November mendatang.

Baca Juga

Sebanyak 10 negara akan saling baku hantam untuk menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara. Karenanya, sejumlah tim-tim peserta pun mulai mempersiapkan diri, guna meraih hasil terbaik.

Namun menariknya, pada Piala AFF edisi kali ini nampaknya sejumlah tim peserta akan banyak mengandalkan para pemain muda potensial untuk jadi andalan, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Tak heran jika banyak nama pemain muda muncul, yang diperkirakan akan bersinar di turnamen dua tahunan tersebut. Berikut INDOSPORT coba merangkum nama-namanya:


1. Safawi Rasid (Malaysia)

Muhammad Safawi Rasid (tengah) pasca mencetak gol ke gawang Korea Selatan.

Regenerasi pemain di tubuh Timnas Malaysia dalam beberapa tahun terakhir, nampaknya mulai membuahkan hasil. Hal tersebut dibuktikan banyaknya pemain muda potensial, yang menghuni skuat senior Harimau Malaya saat ini.

Tercatat ada 12 pemain yang memiliki rataan usia di bawah 25 tahun, salah satunya bintang mudanya adalah Safawi Rasid. Pemain berposisi sebagai penyerang tiba-tiba mencuri perhatian publik sepak bola Asia Tenggara.

Hal tersebut dikarenakan ia tampil memukau bersama skuat Timnas Malaysia U-23 di Asian Games 2018 lalu. Bahkan pemain berusia 21 tahun itu sukses mempecundangi Korea Selatan yang diperkuat bintang Tottenham Hotspur, Song Heung-Min.

Baca Juga

Kala itu Rasid mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1 Malaysia atas Korsel. Selain itu, baru-baru ini Rasid juga jadi aktor penting dalam kemenangan 3-1 Johor Darul Takzim atas Pahang FA di Piala Malaysia 2018.

Dalam laga tersebut Rasid mencetak dua gol, dan hasil itu sudah cukup membawa JDT lolos ke semifinal. Kini, dirinya diharapkan bisa jadi tumpuan di lini depan tim besutan Tan Cheng Hoe di ajang Piala AFF 2018, pada November mendatang.


2. Irfan Jaya (Indonesia)

Selebrasi Irfan Jaya setelah gol kedua untuk Indonesia vs Myanmar.

Tampil memukau di Liga 1 dan 2 bersama Persebaya Surabaya, membuat pelatih Timnas Indonesia saat itu Luis Milla, kepincut memanggilnya ke Timnas Indonesia untuk ajang Asian Games 2018.

Pemain berusia 22 tahun ini sukses membayar kepercayaan Milla dengan tampil apik dan mencetak dua gol, ke gawang Hong Kong dan Palestina di pesta olahraga terbesar Asia tersebut.

Kini, dirinya mulai naik kasta ke level Timnas Indonesia senior. Laga debutnya berakhir manis kala mencetak dua gol ke gawang Myanmar, pada Rabu (10/10/18) lalu.

Baca Juga

Performa gemilang Irfan Jaya itu diharapkan bisa konsisten, hingga turnamen Piala AFF 2018 berlangsung. Timnas Indonesia sangat membutuhkan dirinya, yang mempunyai kecepatan dan bisa memecah kebuntuan.


3. Supachai Jaided (Thailand)

Supachai Jaided.

Persiapan Timnas Thailand dalam menyongsong Piala AFF 2018 ini bisa dibilang kurang memuaskan. Sebab, dalam empat pertandingan terakhir uji coba, mereka hanya bisa meraih satu kemenangan, yakni 1-0 melawan Hong Kong.

Hal tersebut tentunya membuat Milovan Rajevac sedikit resah. Apalagi mereka juga terancam tak bisa diperkuat sejumlah pilar utamanya yang bermain di luar negeri.

Seperti trio Liga Jepang, Theerathon Bunmathan, Teerasil Dangda, dan Chanathip Songkrasin dan kiper Kawin Thamsatchanan, yang kini bermain untuk OH Leuven di Liga Belgia.

Baca Juga

Hal tersebut membuat Thailand mengandalkan beberapa pemain muda, salah satunya adalah penyerang berusia 19 tahun bernama Supachai Jaided.

Meski usianya masih belia, namun Supachai sudah kenyang jam terbang bersama Timnas Thailand U-19, U-21 dan U-23 serta bersama klubnya, Buriram United.

Sejauh ini ia telah mencetak tujuh gol untuk Timnas Thailand di semua level umur. Sedangkan bersama Buriram musim ini, ia mencetak dua gol dari 30 pertandingan.


4. Febri Hariyadi (Indonesia)

Febri Hariyadi.

Nama Febri Hariyadi kembali menjadi buah bibir, setelah tampil apik dalam beberapa kesempatan bersama Timnas Indonesia.

Hal tersebut membuat namanya menjadi langganan dipanggil Luis Milla ke Skuat Garuda, baik di level senior maupun junior bersama U-23.

Dalam dua turnamen bergengsi terakhir yang dilakoninya yakni SEA Games 2017 dan Asian Games 2018, Febri yang juga memperkuat Persib Bandung tampil apik.

Baca Juga

Dirinya kerap membuat repot pemain lawan, dan juga menjadi pemecah kebuntuan. Hal tersebut membuat Milla tak segan untuk memberikan pujian terhadapnya.

"Febri banyak peningkatan setelah tujuh bulan saya mengenalnya. Dia mampu beradaptasi dengan cepat, kompetitif, taktis, dan saya katakan dia cukup baik bermain di tim senior," kata Milla beberapa waktu lalu.

Yang terbaru, ia berhasil menyumbang satu assist untuk gol Alberto Goncalves saat Timnas Indonesia menang 3-0 atas Myanmar di laga uji coba, Rabu (10/10/18) lalu.


5. Bui Tien Dung (Vietnam)

Bui Tien Dung saat tampil di Piala Asia U-23 2018.

Bersama Thailand, Vietnam menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang cukup sukses dalam hal pembinaan sepak bola dan regenerasi pemain.

Buktinya, Timnas Vietnam U-23 mereka berhasil mencetak sejarah dengan melaju ke babak final Piala Asia U-23 2018 di China beberapa waktu lalu.

Namun sayang, di partai final mereka harus takluk dari Uzbekistan dengan skor 2-1. Akan tetapi bukan hasil yang bisa dilihat dari pencapaian tersebut, melainkan adalah kualitas pemain yang bisa jadi tulang punggung timnasnya di masa depan.

Baca Juga

Bahkan beberapa pemain di antaranya diberi kesempatan untuk tampil bersama skuat Timnas Vietnam senior asuhan , salah satunya adalah Bui Tien Dung.

Pemain berusia 23 tahun tersebut telah memiliki 10 caps bersama skuat senior Vietnam, termasuk dipercaya tampil di ajang Asian Games 2018 lalu.

Bek milik tim Viettel FC ini memainkan peranan penting di sektor lini pertahanan Vietnam saat berhasil mencatatkan lima clean sheet berturut-turut selama lima pertandingan di Asian Games 2018 lalu.

Catatan tersebut sudah cukup membuktikan dirinya adalah salah satu pemain muda potensial, yang akan bersinar diajang Piala AFF 2018 mendatang.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

MalaysiaVietnamThailandTimnas IndonesiaFebri HariyadiPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018Irfan JayaTRIVIA

Berita Terkini