x

3 Sinyal Bima Sakti Latih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Rabu, 10 Oktober 2018 06:27 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Abdurrahman Ranala
Luis Milla, Bima Sakti, dan jajaran staf pelatih Timnas Indonesia U-23.

INDOSPORT.COM – Kurang dari 1 bulan lagi, Timnas Indonesia akan bertanding di Piala AFF 2018. Hingga saat ini, Timnas Garuda belum memiliki pelatih pasti.

Luis Milla dikabarkan akan tiba pada 9 Oktober 2018 yang lalu. Akan tetapi, ia justru mengirimkan perwakilannya untuk membahas mengenai kontraknya lebih lanjut.

Hal itu membuat pecinta sepak bola Indonesia kian bertanya-tanya siapa sosok arsitek yang bakal menukangi Timnas Senior di Piala AFF nantinya.

Baca Juga

Nama Bima Sakti semakin mencuat untuk menggantikan sosok Luis Milla. Legenda Timnas Indonesia itu merupakan sosok terdekat pelatih asal Spanyol tersebut selama 1,5 tahun terakhir.

Berikut INDOSPORT merangkum 3 sinyal Bima Sakti bakal latih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.


1. 1. Bima Sakti Dapatkan Pesan Wasiat dari Luis Milla

Bima Sakti.

Luis Milla ternyata sering menyampaikan pesan khusus kepada Bima Sakti. Pesan tersebut ternyata berisi wasiat jika nanti eks Real Madrid itu tidak lagi menangani Timnas Indonesia.

Melalui akun Instagram pribadinya, pria asal Balikpapan tersebut mengungkapkan sebuah wasiat yang disampaikan Luis Milla saat masih bekerja sama dengannya.

Baca Juga

"Ada satu kata dari coach Luis yang akan selalu saya ingat. ‘Coach Bima, kamu buat program latihan bisa saja salah, bikin taktik bermain bisa saja kalah, tapi yang terpenting kamu harus kerja tulus dan jujur’," tulis Bima Sakti.

Hal itu tentu menjadi resep yang bakal diwarisi oleh Luis Milla kepada Bima Sakti jika kelak membesut Timnas Indonesia. Barang kali, waktu tersebut ialah saat Piala AFF 2018 bulan November nanti.


2. 2. Sudah Terbebas dari Sanksi

Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-22, Bima Sakti Tukiman tampak serius perhatikan latihan jelang lawan Persija Jakarta.

Pada laga uji coba Indonesia vs Mauritius, Bima Sakti tidak dapat mendampingi Timnas Indonesia sebab terkena sanksi. Kurniawan Dwi Yulianto lantas bertugas menggantikan sosok Bima Sakti di pinggir lapangan.

Saat melawan Myanmar (10/10/18) nanti, Bima Sakti sudah dapat mendampingi Evan Dimas dan kawan-kawan. Ia dapat dengan leluasa memberikan instruksi bagi anak asuhnya.

Baca Juga

"Sudah bisa saya besok lawan Myanmar (setelah skors kartu merah di Asian Games 2018). Hanya 1 pertandingan lawan Mauritius, Alhamdulilah (bisa)," ujar Bima Sakti kepada pewarta dilansir dari situs berita Detik.


3. 3. Masih Berkomunikasi dengan Luis Milla

Asisten pelatih Timnas U-23 Indonesia, Bima Sakti. Herry Ibrahim

Meski Luis Milla tidak berada di Indonesia, Bima Sakti tetap menjalin berkomunikasi. Hal itu menjadi bukti bahwa Bima Sakti bakal mewarisi strategi dan taktik untuk Timnas ke depan.

Transisi kepelatihan tentu harus berjalan tanpa adanya perubahan secara signifikan. Oleh karena itu, Bima Sakti tetap menjaga hubungan dengan Luis Milla agar blue print Timnas Indonesia tidak rusak begitu saja.

"Saya selalu komunikasi perkembangan kepada coach Luis. Materi pemain juga saya sampaikan ke beliau. Gaya permainan hampir sama dengan era Luis Milla karena masih didominasi pemain Timnas U-23 di Asian Games kemarin," kata Bima Sakti.

Baca Juga

Selain itu, Luis Milla masih belum menerima tawaran melatih Timnas di Piala AFF 2018. Siapa pun pelatihnya nanti, baik Bima Sakti maupun pelatih asing, Indonesia harus segera menunjuk pelatih.

Ikuti Terus Update Seputar Timnas Indonesia dan Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

Timnas IndonesiaLuis MillaBima SaktiBola InternasionalPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini