x

Fakta Menarik Piala AFF: ‘Macan’, Pencetak Gol Terbanyak dan Peraih Gelar Terbanyak

Selasa, 16 Oktober 2018 16:32 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Fakta Menarik Piala AFF.

INDOSPORT.COM – Pecinta sepak bola hanya tinggal menunggu beberapa pekan lagi untuk menyaksikan Piala AFF 2018. Seperti yang diketahui, ajang terbesar di Asia Tenggara itu akan diselenggarakan pada awal November mendatang.

Turnamen ini pun diprediksi sangat dinanti-nantikan oleh pecinta sepak bola Tanah Air. Pasalnya, masyarakat Indonesia menaruh harapan tinggi kepada para pemain Timnas pada ajang dua tahunan ini.

Mengingat, Timnas Indonesia belum pernah sekalipun menjuarai Piala AFF sejak digelar pada tahun 1996 silam. Situasi ini pun membuat suporter Indonesia, yang dikenal fanatik, memiliki ambisi besar untuk melihat tim kesayangannya mengangkat trofi Piala AFF.

Wajar jika harapan tinggi suporter Indonesia itu muncul. Pasalnya, masyarakat Tanah Air telah tersanjung dengan performa apik Timnas U-16 di Piala AFF U-16 2018 kemarin. Situasi ini seakan membuat Timnas Indonesia senior dituntut untuk mengikuti jejak adik-adiknya.

Baca Juga

Namun, usaha para pemain Timnas Indonesia tentu tidak mudah. Karena Indonesia masih memiliki sedikit kesenjangan dengan persepakbolaan Thailand, yang merupakan raja Asia Tenggara.

Sebelum menikmati dan memberikan dukungan, tak ada salahnya jika suporter Indonesia mengenal lebih dulu ajang Piala AFF. Berikut INDOSPORT mencoba untuk memperkenalkannya secara singkat.


1. Sejarah Piala AFF

Timnas Indonesia di Piala Tiger 2000.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Piala AFF pertama kali diselenggarakan pada tahun 1996 silam di mana Singapura menjadi tuan rumahnya.

Sebelumnya, turnamen ini memiliki nama awal, yakni Piala Tiger. Pemilihan nama tersebut tidak terlepas dari sponsor utama perusahaan bir asal Singapura, Tiger Beer.

Dengan nama tersebut, membuat Brunei Darussalam memutuskan untuk mundur dari turnamen. Pasalnya, mereka menolak ikut turnamen karena sponsor Piala AFF adalah minuman beralkohol.

Baca Juga

Sekedar informasi, dalam enam penyelenggaran pertamanya, ajang paling bergengsi di Asia Tenggara ini didominasi oleh Thailand dan Singapura. Tercatat, raihan trofi yang didapatkan Thailand dan Singapura dalam enam edisi pertama sama kuat, yakni sebanyak tiga kali.

Namun ketika memasuki tahun 2008, peta kekuatan negara Asia Tenggara sudah mulai merata. Hal itu terbukti ketika Vietnam mampu merusak dominasi Thailand dan Singapura di ajang ini.


2. Top Skor Sepanjang Masa

Noh Alam Shah, top skor sepanjang sejarah perhelatan Piala AFF asal Singapura.

Pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah Piala AFF masih dipegang oleh pemain Singapura, yakni Noh Alam Shah. Dirinya mampu mencatatkan 17 gol selama mengikuti Piala AFF sepanjang kariernya.

Meski menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah, Alam Shah hanya sekali mencantumkan namanya sebagai top skor di Piala AFF pada tahun 2007 lalu.

Pada saat itu, Alam Shah mampu mengemas 10 gol sepanjang gelaran Piala AFF 2007. Penampilan fantastisnya ia tunjukan saat menjalani pertandingan penyisihan grup menghadapi Laos.

Pada pertandingan tersebut, Alam Shah sukses mencetak tujuh gol. Singapura pun akhirnya menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan telak 11-0 atas Laos.

Baca Juga

Namun posisi Alam Shah sebagai top skor sepanjang masa sedikit terancam. Karena pemain andalan Thailand, Teerasil Dangda hanya membutuhkan dua gol lagi untuk menyamakan torehan Alam Shah.

Sedangkan Indonesia sendiri tidak memiliki pemain yang mampu mencetak lebih dari 15 gol pada ajang ini. Pencetak gol terbanyak Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, hanya mampu menorehkan 13 gol.


3. Raja Asia Tenggara

Timnas Thailand sudah lima kali menjuarai Piala AFF.

Nampaknya seluruh pecinta sepak bola dunia sependapat jika julukan ‘Raja Asia Tenggara’ dinobatkan kepada Thailand. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari kesuksesannya dalam mendominasi Piala AFF.

Thailand sendiri mampu menjadi negara yang paling banyak menorehkan trofi Piala AFF sepanjang sejarah turnamen. Terhitung, Thailand mampu mengangkat trofi tersebut sebanyak 5 kali.

Namun sosok Thailand tampaknya menjadi yang paling dibenci suporter Indonesia. Pasalnya, Thailand kerap kali menjadi pemutus mimpi Indonesia untuk meraih gelar Piala AFF pertamanya.

Baca Juga

Timnas Indonesia selalu gagal ketika berhadapan dengan Thailand di final Piala AFF. Dalam tiga pertemuannya di final, Thailand sama sekali tak mengizinkan Timnas Indonesia mencium trofi Piala AFF.

Nah, setelah dapat informasi penting soal Piala AFF tersebut, jangan lupa untuk terus #refreshsemangat dengan Men’s Biore.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

Kurniawan Dwi YuliantoThailandSingapuraTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018Noh Alam Shah

Berita Terkini