x

3 Perbandingan Mencolok Todd Rivaldo Ferre dengan Egy Maulana Vikri

Senin, 22 Oktober 2018 16:54 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Egy Maulana dan Todd Rivaldo Ferre

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 telah memperlihatkan permainan yang sangat fantastis pada pertandingan kedua penyisihan grup Piala Asia U-19 2018 kontra Qatar, Minggu (21/10/18).

Namun penampilan heroik anak asuh Indra Sjafri tersebut belum mampu menyelamatkan Timnas Indonesia U-19 dari kekalahan. Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia U-19 tumbang 5-6 atas Qatar U-19 saat bermain di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Pada pertandingan tersebut, seluruh mata pecinta sepak bola nampaknya tertuju pada aksi ciamik yang diperlihatkan Rivaldo Ferre Todd. Bagaimana tidak, masuknya Rivaldo Ferre di babak kedua mampu mengubah permainan Timnas U-19 menjadi lebih baik.

Baca Juga

Netizen Indonesia pun langsung mempertanyakan mengapa pemain muda Persipura Jayapura tersebut tak masuk sejak awal pertandingan. Mereka juga sepertinya akan menuntut Indra Sjafri untuk memainkan Rivaldo Ferre sejak awal laga saat menghadapi Uni Emirate Arab U-19.

Sementara itu, Egy Maulana Vikri tak mampu memberikan kontribusi yang nyata pada pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Qatar U-19. Meski bermain sejak awal laga, Egy tak mampu tampil sebaik Rivaldo Ferre pada laga tersebut.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk membahas 3 perbandingan antara Rivaldo Ferre dengan pemain yang berkarier di Eropa, yakni Egy Maulana Vikri.


1. Posisi Bermain

Egy Maulana Vikri diadang pemain Qatar U-19.

Posisi Egy Maulana Vikri dengan Rivaldo Ferre Todd nyatanya tidak berbeda jauh. Karena, kedua talenta muda asli Indonesia tersebut memiliki posisi dasar sebagai pemain sayap kiri.

Namun pelatih Indra Sjafri mencoba untuk memainkan Egy Maulana sebagai penyerang lubang dalam dua pertandingan penyisihan grup Piala Asia U-19 2018. Itu berbeda saat Timnas U-19 menjalani laga uji coba kontra Yordania U-19, di mana Egy mengisi posisi sayap kiri.

Tapi ketika memasuki pertarungan yang sesungguhnya di Piala Asia U-19 2018, Indra Sjafri lebih mempercayakan Witan Sulaiman mengisi posisi utama di sayap kiri Garuda Nusantara.

Sementara itu, Indra Sjafri memberikan posisi yang terbilang baru bagi Rivaldo Ferre. Itu terbukti ketika Rivaldo Ferre bermain sedikit mundur dan hampir sejajar dengan posisi Syahrian Abimanyu dan Luthfi Kamal.

Bermain di lini tengah nampaknya membuat Rivaldo Ferre semakin leluasa mengacak-acak lini pertahanan Qatar U-19. Itu terbukti ketika dirinya berhasil mengelabui lebih dari dua pemain lawan dan menciptakan gol keempat bagi Timnas U-19.


2. Jumlah Gol di Timnas U-19

Todd Rivaldo Ferre saat berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Qatar U-19.

Jika dihitung dari jumlah gol yang disarangkan kedua pemain saat membela Timnas Indonesia U-19, Rivaldo Ferre lebih diunggulkan. Terhitung, sejak tahun 2018 ini pemain bernomor punggung 22 tersebut berhasil mengumpulkan lima gol.

Gol terbanyak Rivaldo Ferre hadir pada pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Qatar U-19 di Piala Asia U-19 2018. Pada pertandingan tersebut, Rivaldo Ferre sukses mencatatkan hattrick meski bermain kurang dari setengah babak.

Sedangkan Egy Maulana hanya mampu menciptakan dua gol sepanjang tahun 2018 ini. Gol tersebut ia sarangkan saat berhadapan dengan Chinese Taipei di Piala Asia U-19 2018 dan Malaysia di Piala AFF U-19 2018.

Dari segi kesempatan bermain, Egy nampaknya sedikit dirugikan. Mengingat, Egy jarang mendapatkan kesempatan bermain di Timnas U-19 karena terikat kontrak dengan Lechia Gdansk. Pada saat Piala AFF U-19 lalu saja ia baru bisa bergabung pada babak semifinal.


3. Awal Karier

Egy Maulana Vikri menundukkan kepala saat Timnas Indonesia U-19 tertinggal dari Qatar U-19.

Tak banyak yang tahu mengenai kemampuan Egy Maulana Vikri di atas lapangan. Barulah ketika pelatih Indra Sjafri menemukan bakatnya di SKO Ragunan, nama Egy Maulana mulai menjadi harapan sepak bola Indonesia.

Egy Maulana sendiri pun berhasil meraih beberapa prestasi saat membawa harum nama Indonesia di turnamen internasional. Salah satu prestasi terbaiknya saat menjadi pemain terbaik di Turnamen Toulon 2017 lalu. Padahal saat itu Indonesia gagal lolos dari fase grup.

Baca Juga

Berbeda dengan Egy Maulana, Rivaldo Ferre memiliki cerita yang cukup unik di awal kariernya. Karena Rivaldo Ferre lebih dulu serius menekuni olahraga futsal dibandingkan dengan sepak bola. Ia pun pernah ikut dalam Liga Futsal Nusantara pada 2017 lalu.

Rivaldo Ferre pun langsung mendapat tawaran Persipura Jayapura karena penampilannya yang sangat menjanjikan. Gemilang bersama Persipura, Rivaldo pun mendapatkan satu tempat di skuat Timnas U-19 pada tahun 2018 ini. Kini, dirinya pun menjadi bintang pada laga kontra Qatar.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala Asia U-19 2018 Lain Serta Serba-serbi Timnas U-19 di INDOSPORT.COM.

Timnas u-19Liga IndonesiaEgy Maulana VikriTodd Rivaldo FerreTimnas Indonesia U-19TRIVIA

Berita Terkini