x

3 Bintang Timnas Indonesia yang Absen di Piala AFF 2018

Selasa, 30 Oktober 2018 16:42 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
Tiga bintang Timnas Indonesia yang absen di Piala AFF 2018, salah satunya Rezaldi Hehanusa.

INDOSPORT.COMPiala AFF 2018 akan bergulir kurang dari 2 pekan lagi. Timnas Indonesia baru saja menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih utama untuk menyongsong turnamen 2 tahunan ini.

Persiapan Timnas Indonesia terbilang minim sebab tidak ada pemusatan latihan. Terlebih, kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018, masih bergulir dan memasuki akhir musim yang sengit di tengah persiapan menuju Piala AFF 2018.

Bima Sakti tidak memiliki cukup waktu untuk memilih skuat Timnas Indonesia. Mantan asisten pelatih Luis Milla itu diperkirakan bakal mengandalkan skuat Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018 lalu.

Baca Juga

Meskipun begitu, beberapa pemain bintang Timnas Indonesia terpaksa absen di Piala AFF 2018. Mereka terkena cedera panjang saat berkompetisi di Liga 1 2018. Siapa saja mereka?

Berikut INDOSPORT merangkum 3 pemain bintang Timnas Indonesia yang absen di Piala AFF 2018.


1. Dedi Kusnandar

Dedi Kusnandar

Dedi Kusnandar merupakan salah satu pilar Timnas Indonesia di lini tengah. Dado, panggilan akrab Dedi Kusnandar, biasanya mengisi posisi gelandang bertahan bersama Zulfiandi dan Bayu Pradana.

Pemain Persib Bandung ini masuk dalam skuat Timnas Indonesia saat uji coba melawan Myanmar dan Hong Kong. Sayangnya, Dedi Kusnandar kini menderita cedera patah tulang fibula.

Baca Juga

Akibatnya, Dedi Kusnandar harus menepi selama 12 hingga 16 bulan. Dengan demikian, pemain berusia 27 tahun ini harus merelakan kesempatan tampil di Piala AFF 2018.


2. Hanif Sjahbandi

Hanif Sjahbandi saat melawan Timnas Malaysia

Hanif Sjahbandi mengakhiri musim kompetisi 2018 akibat mengalami cedera patah tulang pada tangan kirinya. Cedera tersebut ia dapat saat berhadapan melawan Bali United (20/10/18).

Pemain berusia 21 tahun ini padahal pada pertandingan tersebut mencetak 2 gol saat Arema FC menang 3-1 atas Bali United. Hanif Sjahbandi terpaksa absen di Piala AFF 2018 di tengah performa terbaiknya di Liga 1 2018.

Hanif Sjahbandi masuk dalam skuat Timnas Indonesia U-23 era Luis Milla di Asian Games 2018 lalu dan bahkan menyumbang 1 gol saat Garuda Muda menang 3-1 atas Hong Kong U-23. Ia terakhir masuk dalam skuat Timnas Indonesia saat beruji coba melawan Mauritius.

Baca Juga

Kepergian Dedi Kusnandar dan Hanif Sjahbandi membuat lini tengah Timnas Indonesia kian keropos. Bima Sakti perlu mencari alternatif baru di luar nama yang kerap keluar-masuk skuat Timnas Indonesia di sektor gelandang bertahan.


3. Rezaldi Hehanusa

Rezaldi Hehanusa saat menggiring bola

Kondisi Rezaldi Hehanusa masih simpang-siur. Terakhir, ia absen saat Persija Jakarta mengalahkan Persipura Jayapura di lanjutan Liga 1 2018 pekan ke-27.

Bule, sapaan akrab Rezaldi Hehanusa, mengalami kendala di bagian tumitnya yang dikenal dengan calcaneus spur (kondisi ada pembentukan tulang kecil seperti taji di tumit) dalam istilah medis.

Baca Juga

Akibatnya, Bima Sakti sempat tidak memainkan Rezaldi Hehanusa di Timnas Indonesia saat melakoni laga uji coba beberapa waktu lalu. Berdasarkan rekomendasi dokter Timnas Indonesia, dokter Syarif Alwi, Rezaldi Hehanusa seharusnya melakukan operasi untuk cedera ini.

Rezaldi Hehanusa masih berpeluang tampil di Piala AFF 2018 jika mampu memulihkan kondisinya dengan cepat. Meskipun sudah mulai menjalani latihan ringan, tentu tidak mudah bagi Bule untuk mengembalikan sentuhannya ke puncak permainan.

Ikuti Terus Update Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

Dedi KusnandarTimnas IndonesiaBola InternasionalHanif Abdurrauf SjahbandiRezaldi HehanusaPiala AFF 2018

Berita Terkini