x

Ada Kandidat Indonesia, Ini 5 Calon Pemain Terbaik di Piala AFF 2018

Rabu, 31 Oktober 2018 19:30 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Rafif Rahedian

INDOSPORT.COM - Genderang perang Piala AFF 2018 akan segera bertabuh pada 8 November 2018 dengan sebanyak 10 peserta yang sedang memasuki tahap akhir dalam persiapannya. Tak jarang di ajang yang paling bergengsi di Asia Tenggara ini, akan lahir talenta terbaik yang akan menjadi bintang.

Dalam dua edisi terakhir, pemain terbaik selalu diambil oleh winger andalan Thailand, Chanathip Songkrasin. Namun di tahun ini, Chanathip dipastikan absen di ajang Piala AFF yang telah ikut membesarkan namanya sebagai bintang Asia Tenggara.

Baca Juga

Artinya predikat pemain terbaik akan lowong karena ditinggal oleh pemiliknya dalam empat tahun terakhir. Uniknya pemain terbaik di Piala AFF tidak hanya datang dari posisi pemain depan saja, melainkan dari posisi yang tidak populer seperti penjaga gawang juga memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan predikat itu.

Hal itu pernah dirasakan oleh penjaga gawang Singapura, Lionel Lewis kala membawa negaranya juara Piala AFF 2004 dan kiper Vietnam, Duong Hong Son yang menjadi penentu keberhasilan negaranya pada edisi 2008. Itu menjadi adil karena biasanya pemain terbaik hanya menjadi rebutan pemain yang berposisi sebagai penyerang saja.

Baca Juga

Pemain Timnas Indonesia sendiri yang berhasil menjadi yang terbaik adalah Firman Utina, di mana saat itu ia berhasil membawa Indonesia melaju hingga final Piala AFF 2010 sebelum dikalahkan oleh Malaysia. Tentu akan menarik melihat siapakah pemain terbaik di ajang Piala AFF 2018 kali ini.

Berikut INDOSPORT rangkum dalam 5 calon pemain terbaik Piala AFF 2018 dari situs resmi AFF Suzuki Cup 2018.


1. 1. Nguyen Quang Hai

Nguyen Quang Hai, bintang Timnas Vietnam

Pemain berusia 21 tahun ini adalah sensasi di negerinya sama seperti Egy Maulana Vikri di Indonesia. Dengan cepat, Nguyen Quang Hai menjadi idola Vietnam kala bermain impresif selama pagelaran Piala Asia U-23 yang lalu.

Baca Juga

Torehan 5 golnya benar-benar nyaris membuat Vietnam terguncang karena mereka nyaris menjadi juara Piala Asia U-23 2018. Vietnam sukses menampilkan permainan luar biasa sejak babak grup bahkan mampu menyingkirkan Australia.

Sayang di turnamen Piala Asia U-23 2018, Vietnam hanya menjadi finalis saja karena kalah dari Uzbekistan. Akan tetapi kepercayaan terhadap Nguyen Quang Hai di tingkat Asia Tenggara tetap tinggi karena dia sudah membuktikannya di Asia.

2. Thitipan Puangchan

Thitipan Puangchan

Pemain berusia 25 tahun ini adalah andalan dari Thailand sepeninggal 4 pemain yang tidak bisa bermain di Piala AFF 2018 kali ini. Chanathip Songkrasin, Teerasil Dangda, Theerathon Bunmathan, dan Kawin Thamsatchanan dipastikan absen, karena kemungkinan besar empat pemain itu akan dipersiapkan khusus untuk Piala Asia 2019.

Baca Juga

Dengan alasan itulah, Thitipan Puangchan akan menjadi pemain bintang yang akan menjadi tulang punggung Thailand di ajang Piala AFF 2018. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini akan memerankan peran sebagai ‘nomor delapan’.

Apalagi motivasi Thitipan di ajang ini akan meluap-luap setelah selalu absen dalam dua edisi Piala AFF sebelumnya karena cedera. Indonesia yang bertemu dengan Thailand di fase grup harus berhati-hati dengan Thitipan karena ia adalah komando permaianan Thailand layaknya Steven Gerrard di Liverpool.


2. 3. Manny Ott

Manuel Ott gelandang timnas Filipina

Gelandang yang berusia 26 tahun ini adalah penentu kemana arah permainan Filipina. Kemampuan yang paling ditakuti dari Manny Ott alias Manuel Ott adalah bermain melebar dan kecerdasannya dalam mendikte permainan, bisa dikatakan dia adalah otak dari Filipina.

Baca Juga

Pengalamannya yang pernah bermain bersama klub Jerman, Ingolstadt telah menempa dirinya sebagai pemain yang sangat matang dalam bermain. Warga Filipina tentu berharap pada Ott untuk membawa negerinya menjadi juara untuk pertama kali di Piala AFF.

Indonesia sendiri sudah merasakan kehebatan dari permainan dari Ott pada ajang Piala AFF 2014 yang lalu. Kala itu di fase grup, Ott berhasil mencetak satu gol yang membuat Indonesia harus menanggung malu karena dibantai oleh Filipina 0-4.

4. Safawi Rasid

Bintang Malaysia Safawi Rasid saat mencetak gol di pertandingan Johor Darul Takzim vs Persija Jakarta di Piala AFC 2018.

Sama dengan Nguyen Quang Hai, Safawi Rasid adalah talenta muda Asia Tenggara yang mendapat banyak sorotan akhir-akhir ini. Penampilan cemerlangnya bersama Malaysia membuat publik di negerinya berharap pemain itu dapat berbicara banyak di Piala AFF 2018.

Memiliki atribut sebagai playmaker kreatif dan penyerang yang klinis membuat siapapun lawannya akan menjaga Safawi dengan ketat. Hal itu harus dilakukan karena jika tidak, setiap bola yang diterima oleh Safawi akan diubahnya menjadi ancaman berbahaya.

Baca Juga

Nama Safawi Rasid menjadi begitu tenar berkat penampilan gemilangnya bersama Malaysia di Asian Games 2018 yang lalu. Kala itu ia menjadi aktor utama keberhasilan Malaysia mengalahkan Korea Selatan yang dibintangi oleh Son Heung-Min dengan dua golnya.


3. 5. Stefano Lilipaly

Peluang yang didapat Stefano Lilipaly di depan gawang Hongkong

Pemain kelahiran Belanda ini adalah jawaban dari kerinduan publik Indonesia yang sudah lama mendambakan sosok pemain yang dapat menjadi pengatur serangan sepeninggal Firman Utina. Stefano Lilipaly datang ke Indonesia untuk memerankan peran sentral yang akan menghubungkan posisi penyerang dengan gelandang.

Menjadi andalan sejak Piala AFF 2016, Lilipaly di turnamen itu telah membuktikan mengapa dirinya layak untuk mengenakan seragam merah putih. Lilipaly nyaris membawa Indonesia menjadi juara Piala AFF andai tidak ada Chanathip Songkarasin yang bermain apik bersama Thailand.

Baca Juga

Sekarang, Chanathip tidak akan bermain di Piala AFF, maka itu artinya inilah panggung terbaik bagi Stefano Lilipaly untuk mengerahkan segala kemampuannya untuk Indonesia. Berbekal pengalamannya yang pernah bermain di Belanda, Lilipaly dipastikan akan meledak di Piala AFF tahun ini.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM