x

Jadi Sorotan di 2016, 5 Pemain Ini 'Menghilang' di Piala AFF 2018

Kamis, 8 November 2018 19:26 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Jadi sorotan di Piala AFF 2016, 5 pemain ini yang hilang di Piala AFF 2018

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola Piala AFF 2018 menghadirkan wajah-wajah baru di samping para pemain senior yang sudah berpengalaman mengikuti Piala AFF tahun-tahun sebelumnya.

Kolaborasi pemain muda dan pemain berpengalaman diharapkan dapat mendongkrak performa masing-masing Timnas di ajang Piala AFF 2018 kali ini.

Walau begitu, terdapat pula beberapa pemain yang sempat menjadi sorotan di Piala AFF 2016, yang kini justru tidak ambil bagian dalam Piala AFF tahun 2018 ini.

Baca Juga

Bukan karena gantung sepatu, namun beberapa pemain berikut tersisih dengan kehadiran pemain muda dan tidak termasuk dalam skema yang diharapkan pelatih di ajang Piala AFF 2018.

Berikut INDOSPORT merangkum lima pemain yang sempat menjadi sorotan di Piala AFF 2016, namun kini harus absen di Piala AFF 2018.


1. Shahdan Sulaiman – Singapura

Shahdan Sulaiman

Shahdan Sulaiman merupakan salah satu dari beberapa nama yang tidak termasuk dalam daftar skuat Timnas Singapura bersama Hafiz Sujad dan Sahil Suhaimi.

Absennya Shahdan Sulaiman dikarenakan tersisih dari munculnya para pemain muda, meski sejatinya pesepakbola berusia 30 tahun ini bisa saja diandalkan karena pengalamannya.

Prestasi Shahdan di Piala AFF 2016 lalu membuatnya dilirik negeri jiran untuk memperkuat klub sebagai pemain asing. Gelandang asal Singapura itu pun bermain untuk Melaka United di Liga Super Malaysia musim 2018 lalu.

Baca Juga

Tristan Do – Thailand

Tristan Do.

Thailand yang tergabung dalam Grup B mengusung misi untuk kembali mempertahankan titel juara yang didapatnya pada Piala AFF 2014 dan 2016 lalu.

Namun mereka akan melakukannya tanpa peran bintang muda, Tristan Do di lini pertahanan. Padahal Tristan merupakan andalan Thailand pada Piala AFF 2016 lalu, sehingga Thailand mampu mempertahankan gelar juara.

Dengan demikian, pemain berusia 25 tahun ini menambah deretan bintang Thailand lainnya yang absen dari Piala AFF 2018, yakni Kroekrit Thaweekarn dan Teerasil Dangda.


2. Zulham Zamrun – Indonesia

Mantan striker Timnas Indonesia, Zulham Zamrun.

Polemik persepakbolaan Indonesia beberapa tahun lalu sedikit berpengaruh pada performa Timnas di Piala AFF 2016. Beruntung Timnas dihuni oleh pemain-pemain berpengalaman yang membuatnya mampu finish sebagai runner-up.

Salah satu pemain yang memberikan peran sentral untuk Timnas saat itu adalah Zulham Zamrun. Sayangnya pemain yang saat ini membela PSM Makassar tersebut tidak dipanggil Bima Sakti untuk memperkuat Timnas kembali.

Senada dengan ketiadaan Zulham Zamrun, juga terdapat beberapa nama pemain berpengalaman di Piala AFF yang tidak dipanggil Bima Sakti, yakni kiper Kurnia Meiga dan mantan kapten Boaz Solossa.

Baca Juga

Chreng Polroth – Kamboja

Chreng Polroth (kanan).

Jika Timnas negara lain berlomba-lomba menerbitkan pemain muda di Piala AFF 2018, namun hal berbeda dilakukan oleh Timnas Kamboja. Pelatih tidak menyertakan pemain muda berpengalaman, Chreng Polroth di dalam skuatnya.

Pada Piala AFF 2016 lalu, Chreng Polroth disorot sebagai bintang sepak bola yang bersinar di usia 19 tahun. Namun kini gelandang berusia 21 tahun tersebut harus memendam impiannya untuk kembali bermain di Piala AFF.

Matthew Davies – Malaysia

Matthew Davies

Pemain sepak bola kelahiran Australia yang membela Timnas Malaysia pada Piala AFF 2016 lalu, Matthew Davies kini hilang dari list pemain yang mengisi skuat Timnas Malaysia.

Pesepakbola berusia 23 tahun tersebut memang tidak terlalu diandalkan saat memperkuat Pahang di Liga Super Malaysia musim ini.

Pemain yang berposisi sebagai bek ini menemani Baddrol Bakhtiar dan veteran Safee Sali yang juga tidak dipanggil kembali untuk memperkuat Harimau Malaya di Piala AFF 2018.

Penulis: Martini

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Zulham ZamrunPiala AFF 2016Piala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini