x

Tak Terkalahkan, Ini Starting XI Campuran Manchester City vs Manchester United di Musim Ini

Minggu, 11 November 2018 14:04 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Derby Manchester

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola tertinggi di daratan Inggris, Premier League Inggris musim 2018/2019 saat ini telah memasuki pekan ke-12. Salah satu pertandingan yang tersaji adalah Derby Manchester antara Manchester City vs Manchester United.

Laga sarat gengsi dan sejarah itu direncanakan berlangsung pada Minggu (11/11/18) malam pukul 23.30 WIB di Etihad Stadium.

Baca Juga

Dalam beberapa tahun terakhir, Derby Manchester selalu menampilkan pertandingan yang benar-benar memanjakan mata para penontonnya. Persaingan sengit antara Manchester United dan Manchester City tidak bisa dibantah lagi.

Tentu Derby Manchester pertama di musim ini akan kembali berlangsung menarik. Terlebih bisa dibilang kedua tim sedang dalam performa terbaiknya.

Pada musim ini saja di semua kompetisi, Manchester City baru merasakan yang sekali kekalahan, yakni saat menghadapi Olympique Lyon di matchday pertama Liga Champions dengan skor 1-2.

Sementara untuk di Premier League Inggris, dari 11 pertandingan yang telah dijalani, Manchester City belum terkalahkan. Terburuk, mereka hanya mendapat 2 hasil imbang dan sisanya adalah kemenangan.

Baca Juga

Sedangkan dari kubu tim tamu, Manchester United memulai musim ini tidak seperti rival sekotanya itu. Dari 16 pertandingan di seluruh kompetisi musim ini, Setan Merah sudah menelan kekalahan sebanyak 5 kali.

Meski begitu, dalam tiga laga terakhir Manchester United mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitannya. Mereka sukses meraih 3 kemenangan berturut-turut. Terbaru adalah ketika menaklukkan Juventus dengan skor 1-2 di Turin, Italia.

Penampilan kedua tim tersebut tentu tak lepas dari kontribusi para pemain yang bisa dibilang memang bertabur bintang di seluruh sektornya, baik itu bertahan maupun penyerangannya.

Lalu bagaimana jadinya jika sebagian kedua tim yang digabungkan menjadi satu skuat? Tentu akan sangat berbahaya.

Lantas, siapa saja yang berhak menghuni tim super itu? Berikut ini adalah Starting XI kombinasi Manchester City dan Manchester United versi INDOSPORT.

Penjaga Gawang

Selebrasi De Gea.

Tak bisa dipungkiri lagi, baik Manchester City maupun Manchester United memiliki kiper yang berkelas dunia. Mereka adalah Ederson Moraes untuk The Citizens dan David De Gea untuk The Red Devils. Namun untuk musim ini, nampaknya De Gea adalah nama yang tepat untuk menempati posisi tersebut.

De Gea musim ini memang baru mencatatkan 1 cleansheet di Premier League Inggris, kalah jauh dari Ederson yang telah catat 7 cleansheet, namun dari total saves atau penyelamatan lebih banyak kiper Manchester United itu. De Gea total sudah melakukan 40 penyelamatan gawang bagi Manchester United.


1. Bek

Ashley Young melakukan selebrasi usai mencetak gol.

Bek Kanan

Untuk posisi ini, nama Ashley Young lah yang lebih dipilih dibanding Kyle Walker. Lini belakang Man United memang cukup buruk, namun peran Young di lini belakang nyatanya cukup efektif. Dari 9 pertandingan, ia memiliki persentase 70 persen tekel sukses, menurut data statistik squawka.

Baca Juga

Tidak hanya itu, dalam penyerangan Manchester United, Young juga memiliki peran. Ia sudah mencatatkan satu assist bagi timnya dan akurasi umpan sebesar 21 persen.

Bek Tengah

Aymeric laporte

Manchester City beruntung bisa memiliki bek seperti Aymeric Laporte. Meski baru didatangkan, bek berusia 24 tahun itu sudah cepat menyatu dengan tim. Hasilnya, penampilan Laporte pun tidak mengecewakan. Laporte membantu Man City mendapat 7 cleansheet.

Bek tengah Man City, John Stones.

Duet dari Laporte di Manchester City, John Stones juga sangat layak menempati best starting XI Derby Manchester. Stones telah melakukan 6 intersep serta 27 sapuan bersih dengan 76 persen tekel sukses, menurut data squawka.

Bek Kiri

Benjamin Mendy, bek sayap kiri Manchester City.

Pasca cedera, Benjamin Mendy kini telah menjadi salah satu pemain andalan bagi Pep Guardiola. Pemain asal Prancis itu mampu bermain stabil dan baik saat membantu timnya dalam bertahan maupun menyerang.

Baca Juga

Saat bertahan, Mendy telah melakukan 9 intersep dan 14 sapuan bola bersih. Sementara ketika membantu timnya menyerang, catatan yang ia miliki tak kalah mentereng. Total 5 assists sudah ia berikan kepada para pencetak gol Man City.


2. Gelandang

Fernandinho, gelandang Man City.

Gelandang Bertahan

Posisi yang sangat vital ini sudah sepatutnya dihuni oleh pemain yang benar-benar punya peranan penting dalam tim. Dia adalah Fernandinho. Pemain asal Brasil itu menjadi tembok pertama dalam lini belakang Manchester City.

Baca Juga

Statistik tidak pernah berbohong. Fernandinho telah membuat 17 tekel dengan persentase sukses 76 persen, 16 intersep, serta 26 sapuan bersih. Tidak hanya itu, Fernandinho juga berhasil mencetak satu gol dan dua assists bagi Manchester City, seperti diungkapkan Squawka.

Gelandang Tengah

Paul Pogba berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Everton

Untuk posisi gelandang tengah, nama David Silva serta Paul Pogba tentu layak mengisinya. Dua gelandang serba bisa ini juga menjadi pusat permainan bagi masing-masing timnya. Silva dan Pogba di Manchester City dan Manchester United perannya sungguh tak perlu diragukan lagi.

David Silva, playmaker Man City

Baik Silva maupun Pogba juga masing-masing telah mencetak 3 gol. Tentu semakin gemilang dan mengesankan catatannya karena mereka juga sudah berhasil memberikan 3 dan 2 assists bagi klubnya masing-masing.


3. Penyerang

Anthony Martial, penyerang sayap Manchester United

Winger

Pemain sayap atau winger dalam sebuah tim memiliki peranan cukup penting dalam hal penyerangan. Hal itupun dilakukan oleh Anthony Martial di Manchester United.

Sempat diragukan, ia kini menjadi salah satu pemain andalan Mourinho. Total sudah 5 gol dicetak dalam 4 laga terakhir.

Raheem Sterling.

Satu lagi adalah nama Raheem Sterling. Pemain yang didatangkan dari Liverpool beberapa tahun lalu itu kini di Manchester City sudah tak tergantikan lagi. Musim ini saja, ia sudah bermain 14 pertandingan dengan mencetak 7 gol serta 7 assists.

Penyerang

Sergio Aguero berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Southampton.

Nama Sergio Aguero tidak ada salahnya disebut sebagai salah satu penyerang terbaik di dunia. Pemain berkewarganegaraan Argentina itu kini sudah menjadi legenda Manchester City. Ia sudah memegang status sebagai pencetak gol terbanyak bagi klub rival sekota United itu.

Baca Juga

Untuk musim ini, Kun Aguero telah bermain 14 pertandingan bagi Manchester City. Dari 14 laga tersebut, ia sudah cetak 10 gol dan 3 assists.

Ikuti Terus Perkembangan Liga Inggris dan Berita Sepak Bola Lainnya di INDOSPORT.COM

Manchester UnitedFernandinhoRaheem SterlingManchester CityPaul PogbaDavid de GeaSergio AgueroDavid SilvaLiga Primer InggrisAshley YoungAymeric LaporteJohn StonesAnthony MartialDerby ManchesterLiga InggrisBola InternasionalEdersonTRIVIABenjamin Mendy

Berita Terkini