x

3 Fakta Mencengangkan yang Menghiasi Jelang Laga PSM Makassar vs Persija Jakarta

Kamis, 15 November 2018 09:55 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
Persija Jakarta vs PS Tira

INDOSPORT. COM - Semarak gelaran kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1, akan kembali bergulir pada Jumat (16/11/18) besok. Jadwal pertandingan Liga 1 esok pun diketahui telah memasuki pekan yang ke-31.

Salah satu laga yang dilangsungkan esok hari ialah pertarungan antara PSM Makassar vs Persija Jakarta. Pertandingan sepak bola yang bisa dikatakan laga big match ini bakal dihelat di markas PSM, Stadion Andi Mattalatta.

Sebagai tuan rumah, PSM jelas lebih diunggulkan dalam laga nanti. Bermain di depan publik sendiri, memungkinkan skuat PSM mendapat suntikan semangat lebih berkat dukungan para suporter setianya yang memadati stadion.

Baca Juga

Terlebih, PSM kini berstatus sebagai tim terbaik di Liga 1. Maklum saja, skuat Juku Eja saat ini tengah bertengger di puncak klasemen sementara dengan torehan 53 poin.

Walau demikian, bukan berati kubu tamu, Persija hadir ke Makassar tanpa peluang sama sekali. Pasalnya, Persija terbilang tim yang cukup kuat bila melakoni laga tandang.

Para pemain Persija bersiap-siap sebelum melakukan latihan.

Berdasarkan rekor pertandingannya, Macan Kemayoran baru kalah sekali dalam tiga laga tandang terakhirnya. Hal itu pun jelas menjadikan Persija juga punya peluang untuk menjungkalkan PSM dalam laga esok.

Selain soal prediks idi atas tadi, laga PSM vs Persija juga menghadirkan beberapa fakta mencengangkan lainnya. INDOSPORT mencoba merangkum beberapa fakta mencengangkan tersebut ke dalam ulasan singkat berikut ini.


1. Penentuan Gelar Juara

Susunan pemain PSM Makassar.

Bila berpikir pertandingan PSM vs Persija di Liga 1 pekan ke-31 sebagai pertarungan biasa-biasa saja, sudah dipastikan salah besar. Pasalnya, laga PSM vs Persija punya makna yang begitu berarti bagi kompetisi Liga 1 musim ini.

Ya, perjumpaan mereka esok hari bisa menjadi cukup menentukan untuk perburuan trofi gelar juara Liga 1 2018. Maklum saja, PSM dan Persija saat ini sedang bersaing ketat di papan atas klasemen.

Baca Juga

PSM berada di puncak klasemen dengan torehan 53 poin. Sementara kubu tamu, Persija, berada di urutan ketiga dengan mengumpulkan 49 poin.


2. Persija Tanpa Empat Pilar Andalan

Riko Simanjuntak mengantisipasi ke siapa dia akan melakukan umpan bola.

Persija Jakarta menatap pertandingan melawan PSM Makassar dengan modal yang kurang apik. Pasalnya, Macan Kemayoran dipastikan tak akan bisa turun dengan skuat terbaiknya.

Baca Juga

Ya, Persija diketahui kehilangan empat pilar andalannya akibat alasan yang berbeda. Empat pilar andalan yang dimaksudkan itu ialah Maman Abdurrahman (akumulasi kartu), Andritany Ardhiyasa (membela Timnas Indonesia), Riko Simanjuntak (membela Timnas Indonesia), Rezaldi Hehanusa (cedera).


3. Tim Terproduktif vs Tim Pertahanan Terbaik

Persija Jakarta vs PS Tira

Perjumpaan antara PSM Makassar vs Persija Jakarta memiliki status tersendiri yang membuat laga diyakini akan berlangsung sengit. Ya, laga esok menjadi pertarungan tim terproduktif melawan tim dengan pertahanan terbaik.

PSM jadi tim di Liga 1 yang cukup produktif musim ini. Sampai pekan ke-30, PSM tercatat telah membukukan 46 gol, atau ketiga terbaik setelah Persebaya Surabaya dan Arema FC.

Baca Juga

Sementara Persija, menyandang status tim dengan pertahanan terbaik musim ini. Buktinya, sampai pekan ke-30, Macan Kemayoran jadi tim yang paling sedikit kebobolan di Liga 1 2018, yakni 30 gol. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM