x

3 ‘Prestasi’ Timnas Indonesia di Piala AFF dalam 6 Tahun Terakhir

Kamis, 22 November 2018 19:31 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Yohanes Ishak
Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF

INDOSPORT.COM - Hasil imbang Filipina dengan Thailand telah mengakhiri petualangan Timnas Indonesia di ajang sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2018. Pasalnya, perolehan poin Timnas Indonesia tidak akan mampu mengejar Filipina meski masih memiliki tabungan satu laga.

Di Piala AFF 2018, Timnas Indonesia hanya mampu menang atas Timor Leste, itupun diraih setelah sebelumnya tertinggal terlebih dahulu. Sementara dua laga sisanya, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan dari Singapura dan Thailand.

Baca Juga

Kegagalan Timnas Indonesia lolos dari fase grup di tahun ini menjadi yang keempat kalinya sepanjang sejarah. Sebelumnya, Timnas Indonesia pernah tercatat gagal lolos ke semifinal di edisi 2007, 2012, dan 2014.

Gagal melangkah ke babak selanjutnya menjadi ‘prestasi’ tersendiri bagi Timnas Indonesia di Piala AFF. Prestasi dalam tanda petik tersebut merupakan sebuah satire akibat melihat permaianan Timnas Indonesia yang kian menurun terlebih pada 6 tahun terakhir.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT rangkum dalam 3 ‘prestasi’ Timnas Indonesia di Piala AFF dalam 6 tahun terakhir.


1. Kekalahan Terbesar Timnas Indonesia Sepanjang Sejarah

Timnas Indonesia Piala AFF 2014.

Dalam 6 tahun terakhir, itu artinya dalam daftar kali ini hanya melihat kembali ‘prestasi’ Timnas Indonesia di Piala AFF sejak 2012. Alasannya sejak 2012, Timnas Indonesia terus alami penurunan secara kualitas dari para pemainnya maupun kompetisinya.

Bukti kalau dalam 6 tahun terakhir, Timnas Indonesia benar-benar sebuah tim yang dipersiapkan secara dagelan adalah rekor kekalahan terbesar terjadi pada tahun 2014. Kala itu, Timnas Indonesia dikalahkan oleh Filipina dengan skor yang sangat telak, 0-4.

Baca Juga

Ironisnya, Timnas Indonesia juga alami kemenangan terbesar sepanjang sejarah atas tim yang sama yaitu Filipina dengan skor 13-1. Padahal di tahun 2014, Timnas Indonesia ditangani pelatih jempolan seperti Alfred Riedl dan disokong oleh pemain-pemain terbaiknya.


2. Hanya Sekali Lolos Dari Fase Grup

Timnas Indonesia Piala AFF 2016.

‘Prestasi’ kedua yang membanggakan dari Timnas Indonesia selanjutnya adalah hanya sekali lolos dari fase grup. Artinya sejak tahun 2012, Timnas Indonesia hanya sekali saja lolos ke semifinal dan itu terjadi pada tahun 2016.

Piala AFF 2012, 2014, dan 2018 adalah edisi dimana Timnas Indonesia tidak bisa menginjakan kakinya di semifinal. Tentu itu menjadi aib tersendiri bagi Timnas Indonesia, padahal sebelum tahun 2012, Timnas Indonesia hanya sekali gagal lolos dari babak grup.

Baca Juga

Itu sudah menjadi bukti betapa ‘hebatnya’ Timnas Indonesia berkembang sejak tahun 2012 hingga kini. Apalagi di edisi tahun ini, bisa menjadi yang terburuk bagi Timnas Indonesia karena sejauh ini baru bisa menang atas Timor Leste saja.


3. Hanya Sekali Clean Sheet

Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2012.

Satu ‘prestasi’ lain dari Timnas Indonesia lainnya adalah hanya sekali clean sheet dalam kurun waktu 6 tahun di Piala AFF. Clean sheet atau yang lebih dikenal dengan nirbobol terakhir yang ditorehkan kiper Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2012.

Baca Juga

Kala itu di pertandingan kedua fase grup, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan tipis atas Singapura 1-0. Setelah itu, Timnas Indonesia tidak pernah bisa meraih clean sheet baik itu di sisa laga Piala AFF 2012, 2014, 2016, dan 2018 hingga partai ketiga.

Padahal di edisi 2016, Timnas Indonesia berhasil mencapai babak final, tetapi tetap saja tidak bisa meraih clean sheet satupun. Bahkan gawang yang dijaga Kurnia Meiga sempat dibobol empat kali oleh Thailand di laga perdana.

Terus Ikuti Perkembangan Piala AFF 2018 dan Berita Sepak Bola Lainnya di INDOSPORT.COM