x

Bima Sakti Siap Dipecat, 3 Sosok Ini Layak Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Kamis, 22 November 2018 16:21 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Bima Sakti.

INDOSPORT.COM - Petualangan Timnas sepak bola Indonesia di ajang sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2018 sudah berakhir setelah Filipina mampu menahan imbang Thailand.

Nama pelatih Bima Sakti pun disebut-sebut harus bertanggung jawab atas kegagalan Timnas sepak bola Indonesia.

Kegagalan tahun ini telah menambah ‘prestasi’ Timnas Indonesia tidak lolos grup sebanyak 4 kali sepanjang sejarah Piala AFF. Sebelumnya Timnas Indonesia tidak lolos dari fase grup pada edisi 2007, 2012, 2014.

Baca Juga

Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 masih menyimpan satu partai menghadapi Filipina. Namun hal itu sudah menjadi sia-sia, apapun hasilnya.

Pasalnya Timnas Indonesia sudah tertinggal empat poin dari Filipina, sehingga sudah tidak mungkin untuk skuat asuhan Bima Sakti dalam mengejar ketertinggalan poin.

Kursi pelatih yang ditempati Bima Sakti mulai digoyang dengan isu pemecatannya karena dianggap gagal total di Piala AFF 2018. Uniknya, kabar terbaru Bima Sakti dikabarkan siap dipecat usai Piala AFF 2018, lalu siapa penggantinya?

Baca Juga

Berikut INDOSPORT rangkum tiga pelatih yang layak jadi pelatih Timnas Indonesia ke depannya.


1. Simon McMenemy

Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy saat Jumpa Pers Jelang Bhayangkara FC vs Persipura Jayapura.

Pelatih kelahiran Skotlandia ini dipercaya adalah sosok yang sangat tepat untuk menangani Timnas Indonesia. Pasalnya, Simon McMenemy sudah sangat paham luar dalam sepak bola Indonesia dan Asia Tenggara.

Simon McMenemy pernah mencetak prestasi di ajang Piala AFF 2010, kala itu ia berhasil membawa Filipina lolos ke semifinal untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Bahkan kemenangan Filipina atas Vietnam di fase grup pernah disorot oleh majalah berita olahraga ternama, bernama Sports Illustrated.

Baca Juga

Di Indonesia sendiri, Simon McMenemy sudah pernah merasakan gelar juara Liga 1 bersama Bhayangkara FC. Bahkan beberapa pemain Timnas Indonesia saat ini pernah merasakan tangan dingin Simon yaitu Evan Dimas, Hargianto, Zulfiandi, dan Awan Setho.


2. Robert Rene Alberts

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts dalam jumpa pers.

Pelatih kelahiran Belanda ini adalah sosok lain yang digadang-gadang bakal sukses menangani Timnas Indonesia. Robert Rene Alberts adalah pelatih yang sudah pernah membuktikan dirinya sebagai yang terbaik di Indonesia.

2010 menjadi bukti kehebatan Robert Rene Alberts yang berhasil membawa Arema sebagai juara Liga Indonesia. Bahkan saat itu, Arema mayoritas diperkuat sejumlah pemain muda yang masih belum benar-benar matang.

Baca Juga

Berkat tangan dingin Robert Rene Alberts, sejumlah pemain muda berkembang menjadi tulang punggung Timnas Indonesia seperti Kurnia Meiga.

Saat ini Robert Rene Alberts sedang berusaha mengejar gelar Liga 1 bersama PSM Makassar, peluang juara terbuka karena saat ini sedang ada di puncak klasemen. 


3. Jacksen F Tiago

Jacksen F Tiago saat jumpa pers.

Pria kelahiran Brasil ini adalah salah satu yang berhasil menjuarai Liga Indonesia baik itu sebagai pemain maupun pelatih. Jacksen F Tiago pernah menjadi juara sebagai pemain bersama Persebaya Surabaya di Liga Indonesia 1996/1997.

Sementara saat menjadi pelatih, prestasi Jacksen F Tiago bersama Persipura Jayapura lebih cemerlang lagi dengan torehan tiga gelar Liga Indonesia dan semifinal Piala AFC.

Bahkan, Jacksen bahkan pernah mendapat gelar sebagai pelatih terbaik di musim 2013.

Baca Juga

Atas pencapaian tersebut, Jacksen pun sempat dipanggil untuk melatih Timnas Indonesia dalam pertandingan menghadapi tim kuat, Tiongkok yang mampu ditahan imbang di Jakarta.

Saat ini ia melatih Barito Putera yang di awal musim bahkan sempat berada di papan atas.

Dengan segala prestasi yang pernah ditorehkan Jacksen F Tiago, ia sangat layak untuk diberi kesempatan untuk melatih Timnas Indonesia.

Terlebih ia pernah sukses sebagai Persipura Jayapura, salah satu klub yang selalu mampu melahirkan pemain bertalenta untuk Timnas Indonesia.

Terus Ikuti Perkembangan Piala AFF 2018 dan Berita Sepak Bola Lainnya di INDOSPORT.COM