x

Mourinho Dipecat, Blunder Manchester United dan Kesalahan Ed Woodward?

Selasa, 18 Desember 2018 18:34 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Ed Woodward dan Jose Mourinho

INDOSPORT.COM - “Manchester United mengumumkan jika Jose Mourinho mengundurkan diri dari klub. Kami ingin mengucapkan terima kasih untuk karya dan masa baktinya di Manchester United dan mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan.”

Begitulah kutipan yang diberikan oleh Manchester United melalui situs resmi dan juga twitter mereka. Meski menyebut Mourinho mengundurkan diri, namun banyak pihak yang meyakini jika Jose Mourinho dipecat oleh manajemen klub.

Jika melihat performa dari Manchester United di musim 2018/19 ini, memang tim yang bermarkas di Old Trafford itu menjalani musim yang jauh dari kata memuaskan.

Baca Juga

Dari 17 pertandingan yang telah dilakoni atau tepatnya sejak bulan Agustus hingga bulan Desember sekarang, Manchester United harus berjuang mati-matian untuk masuk ke posisi empat besar.

Tak heran jika manajemen Manchester United menjadi gerah kemudian memilih untuk memecatnya. Namun apakah keputusan memecat Mourinho dari kursi pelatih dinilai tepat?

Jawabannya tentu saja belum tentu. Meski kurang memuaskan, namun setidaknya Mourinho masih bisa membawa The Red Devils berada di posisi 10 besar.

Baca Juga

Kinerja terburuk Mourinho bisa dibilang saat ia masih membesut Chelsea di musim 2015/16 lalu, di mana kala itu ia membawa tim sepak bola asal London Barat tersebut nyaris masuk ke zona degradasi alias posisi ke-17.

Ironisnya, kejadian tersebut juga terjadi saat memasuki akhir tahun dan saat itu juga ia dipecat oleh manajemen Chelsea.

Baca Juga

Wajar? Bisa dikatakan wajar, pasalnya pada musim sebelumnya, ia memberikan gelar untuk Chelsea, lalu bagaimana bisa pada musim selanjutnya ia langsung mengalami penurunan drastis?

Nah, sementara di United sebenarnya bisa dikatakan keputusan untuk memecatnya terlalu terburu-buru, bahkan bisa dibilang sebagai sebuah langkah blunder kesalahan yang dilakukan oleh petinggi klub, Ed Woodward.

Bagaimana bisa? Berikut INDOSPORT mengulasnya:


1. Blunder Besar

Ekspresi kekecewaan para pemain Manchester United saat mendapatkan hasil kurang memuaskan di awal musim 2018/19.

Saat ini, Manchester United sedang berada dalam tahap berjuang untuk bisa masuk ke zona Liga Champions dan sosok yang tahu betul bagaimana cara mencapainya adalah Mourinho sendiri.

Hal itu lantaran mantan pelatih Real Madrid dan Inter Milan ini sudah tahu bagaimana fondasi dan susunan pemain yang akan ia rencanakan dalam setiap pertandingannya.

Memecat Mourinho sama saja seperti memberikan beban berat kepada penggantinya, yakni sang legenda Michael Carrick yang sangat jelas belum memiliki pengalaman melatih, apalagi melatih klub sekelas United.

Kalaupun mendatangkan pelatih lain yang lebih ada nama, seperti Antonio Conte maupun Zinedine Zidane jelas tidak akan membantu.

Baca Juga

Mourinho tentunya layak diberikan kesempatan seperti 2 pendahulunya, yakni David Moyes dan Louis van Gaal yang setidaknya diberikan kesempatan hingga akhir musim.

Moyes dan Van Gaal juga sebelum dipecat posisi Manchester United di klasemen sementara juga tak jauh berbeda dengan posisi yang ditempai oleh Mourinho saat ini.

Memecat pelatih berpengalaman seperti Mourinho di saat genting seperti ini jelas sangatlah langkah blunder yang besar.

Meski Mourinho kini menjadi sorotan, setidaknya ia masih bisa pergi liburan sejenak dan tidak memikirkan bagaimana cara mendongkrak performa Manchester United lagi. Sebaliknya, para penggantinya lah yang akan dibuat was-was.


2. Kesalahan Ed Woodward

Ed Woodward, petinggi Manchester United.

Setuju atau tidak, rasanya tidak sedikit pendukung Manchester United yang menilai buruknya performa Manchester United bukan karena kesalahan taktik dari Jose Mourinho, tetapi dari petinggi klub, Ed Woodward.

Bahkan, salah satu legenda Chelsea yang juga mantan anak asuh Mourinho, yakni Didier Drogba mengatakan jika Mourinho melatih Manchester City, ia sudah bisa memberikan 3 gelar bergengsi.

Hal ini karena para petinggi Manchester City berani mengeluarkan uang banyak serta mau mengabulkan permintaan pemain yang diinginkan oleh sang pelatih pep Guardiola.

Pep Guardiola, pelatih Manchester City.

Sementara Mourinho? Banyak sekali para pemain yang diinginkan olehnya batal terjadi karena dinilai Woodward tidak mau mengeluarkan uang banyak untuk mendatangkan pemain yang diincar oleh Mourinho.

Sejak awal musim 2018/19, Mourinho telah memahami jika tim besutannya lemah pada lini pertahanan, maka ia meminta untuk mendatangkan salah satu dari pemain incarannya.

Baca Juga

Kala itu ada nama-nama seperti Harry Maguire dari Leicester City, Toby Alderweireld dari Tottenham Hotspur, hingga bek senior Timnas Italia, Leonardo Bonucci sebelum akhirnya ia kembali ke Juventus dari AC Milan.

Sampai disitu saja? Jelas tidak, Mourinho juga sempat ingin mendatangkan mantan anak asuhnya di Chelsea, Willian yang kala itu sedang bersitegang dengan juru taktik Chelsea saat itu, juga yakni Antonio Conte.

Willian dan Diego Costa, pernah menjadi incaran Jose Mourinho untuk memperkuat Manchester United.

Hal yang sama juga terjadi dengan mantan striker andalan lainnya saat ia masih melatih Chelsea yang juga bentrok dengan Conte, yakni Diego Costa.

Sebelum dikaitkan ke Atletico Madrid, Mourinho memang ingin mendatangkan Costa dalam skuatnya dan ingin diduetkan dengan Romelu Lukaku.

Lagi-lagi keinginan Mourinho tak dipenuhi. Pelatih asal Portugal ini juga sebenarnya yakin jika Manchester United mampu mengeluarkan uang banyak demi mendatangkan Kylian Mbappe sebelum ia bergabung dengan PSG.

Baca Juga

Bahkan, pada musim panas kemarin juga sempat tersiar kabar jika Mourinho ingin mempertajam lini tengahnya dengan mendatangkan James Rodriguez yang dipinjamkan Real Madrid ke Bayern Munchen.

Namun semua itu tak terjadi lantaran Woodward dilaporkan tak ingin mengeluarkan banyak demi memenuhi permintaan Mourinho tersebut.

Coba bayangkan, seandainya nama-nama diatas berhasil direkrut semuanya oleh Manchester United. Bukan tidak mungkin jika mereka masih akan bersaing di papan atas Liga Primer Inggris, termasuk Liga Champions.

Ikuti terus berita Liga Inggris dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

Premier LeagueManchester UnitedJose MourinhoLiga Primer InggrisEd WoodwardLiga Inggris

Berita Terkini