x

3 Negara yang Paling Banyak Sumbang Pemain Asing Jelang Liga 1 2019

Selasa, 15 Januari 2019 10:06 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Klub Liga 1 2019

INDOSPORT.COM – Di masa jeda kompetisi sepak bola paling bergengsi di Indonesia, Liga 1 2019 seperti saat ini, sejumlah klub tengah disibukan dengan aktivitas di bursa transfer. Para klub-klub tersebut pun saling bersaing untuk merekrut pemain dan pelatih incarannya.

Dengan kata lain persaingan Liga 1 musim ini sudah dimulai sejak bursa transfer kali ini. Siapapun yang berhasil melakukan perekrutan secara jenius, maka mereka akan menjadi unggulan ketika kompetisi dimulai.

Baca Juga

Hal itu terjadi dikarenakan klub tersebut miliki komposisi pelatih dan pemain yang sangat berbakat. Khususnya untuk pemain berbakat, biasanya sejumlah klub Indonesia mengambil jalan instan dengan merekrut pemain asing.

Alhasil kompetisi Liga 1 benar-benar disesaki oleh para pemain asing yang mencari nafkah di Indonesia. Dari sekian banyak pemain asing tersebut, terdapat beberapa Negara yang menjadi penyumbang terbanyak di Liga 1, siapa saja mereka?.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com mencoba merangkumnya dalam 3 negara yang paling banyak sumbang pemain asing jelang Liga 1 2019.


1. Brasil

Selebrasi Jaimerson da Silva saat buat gol lawan Borneo FC.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika kita membahas Brasil sebagai Negara penyumbang pemain asing terbanyak di Indonesia. Karena pada dasarnya Brasil memang merupakan negerinya pemain sepak bola dengan menjadi penyumbang pemain asing terbanyak di Negara lain juga.

Tecatat hingga berita ini dipublikasikan pada Selasa (15/01/19), sudah terdapat 8 pemain asing yang berpaspor Brasil. Para pemain tersebut adalah Arthur Cunha, Robert Gladiator, Willian Pacheco,  Renan Silva, Jaimerson, Otavio Dutra, Alberto Antonio, dan Bruno Matos.

Baca Juga

Alasan paling masuk akal mengenai fenomena Brasil sebagai Negara penyumbang nama asing terbanyak di Indonesia adalah dikarenakan sang pemain miliki kemampuan teknis di atas rata-rata dan miliki jiwa petarung. Seperti yang sudah dijelaskan banyak pemain Brasil di luar negeri juga karena mereka mau survive dengan bermain sepak bola.


2. Uzbekistan

Jakhongir Abdumuminov pemain Persija Jakarta.

Jika dalam beberapa tahun terakhir, kuota pemain Asia biasanya diisi oleh Negara seperti Korea Selatan, sekarang tampaknya predikat itu sudah mulai bergeser. Negara yang menjadi penyumbang pemain terbanyak dari Asia saat ini dipegang oleh Uzbekistan.

Memang Uzbekistan telah berkembang menjadi salah satu Negara berkembang dalam percaturan sepak bola Asia. Buktinya saja mereka meraih gelar juara di Piala Asia U-23 tahun lalu dan di tingkat senior, Uzbekistan berhasil memastikan diri lolos dalam babak 16 besar Piala Asia 2019.

Baca Juga

Oleh karena itu tak mengherankan jika Uzbekistan menjadi Negara kedua terbanyak penyumbang pemain asing di Liga Indonesia dengan total sebanyak 4. Para pemain tersebut adalah Pavel Smolyachenko, Javlon Guseynov, Jakhongir Abdumominov, dan Shukurali Pulatov.


3. Belanda

Wiljan Pluim berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persipura Jayapura.

Sedangkan di peringkat ketiga dalam negara penyumbang terbanyak pemain asing di Liga 1 dipegang oleh Belanda. Sebanyak 3 pemain dengan paspor Belanda sedang mencari nafkah di Liga 1 musim ini.

Para pemain tersebut adalah Melvin Platje (Bali United), Marc Klok dan Wiljang Pluim (PSM Makassar). Tentu Belanda dengan Indonesia memiliki kedekatan secara personal yang tertulis dalam sejarah, tetapi alasan kedatangan tiga pemain itu dikarenakan suatu hal yang lain.

Baca Juga

Wiljan Pluim dan Marc Klok di PSM Makassar boleh jadi merupakan permintaan dari sang pelatih saat itu, Robert Rene Alberts yang sangat mengenal gaya permainan kedua pemain itu.

Sedangkan koneksi Belanda yang sudah terbentuk dari Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim dan Nick Van der Velden diyakini menjadi pemulus langkah Melvin Platje untuk bermain di Bali United.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.