x

3 Pemain Naturalisasi Indonesia Terburuk dalam Sejarah Timnas

Kamis, 17 Januari 2019 17:35 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Tiga pemain naturalisasi Indonesia terburuk dalam sejarah Timnas

INDOSPORT.COM – Nama Godstime Ouseloka Egwuatu mulai ramai diperbincangkan oleh pecinta sepak bola nasional. Pasalnya, pemain berkebangsaan Nigeria tersebut telah diproyeksikan PSSI untuk menjalani proses naturalisasi dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut dibenarkan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Dirinya menyebutkan jika telah mendiskuksikan rencana naturalisasi Godstime Ouseloka Egwuatu.

Imam Nahrawi sendiri mengaku tidak ingin asal menjadi pemain asing untuk dinaturalisasi. Karena dirinya menyebutkan jika pemain tersebut harus produktif dan bisa meningkatkan kualitas Timnas Indonesia.

Baca Juga

Seperti yang diketahui, PSSI juga terbilang cukup sering mengalami kegagalan dalam ‘merekrut’ pemain asing untuk dinaturaliasi. Berkaca dari hal itu, Imam nahrawi sepertinya tidak ingin mengulang kesalahan-kesalahan tersebut.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT mencoba untuk merangkum tiga pemain naturalisasi yang terbilang buruk bagi Timnas Indonesia sepanjang sejarah.


1. Tonnie Cusell

Tonnie Cusell saat membela Timnas.

Tonnie Cusell merupakan pemain yang terbilang tak mampu memberikan kontribusi yang baik bagi Timnas Indonesia. Hal tersebut terbukti ketika dirinya tak mampu berikan perfroma terbaik bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 lalu.

Karena pada ajang tersebut, pemain naturalisasi asal Belanda tersebut sama sekali tak mampu memberikan kontribusi yang nyata. Pria yang kini telah berusia 35 tahun tersebut tak mampu mencetak gol dan assist sepanjang gelaran turnamen.

Melihat performa Tonnie Cusell tersebut, dapat disimpulkan bahwa dirinya merupakan pemain yang gagal bersama Timnas Indonesia. Pasalnya, performanya masih kalah jauh dengan pemain-pemain asli Indonesia.


2. Jhonny Van Beukering

Tiga pemain naturalisasi timnas Garuda, Tonnie Cusell (kiri), Jhonny van Beukering (tengah), dan Irfan Bachdim.

Sama seperti Tonnie Cusell, Jhonny Van Beukering juga menjadi salah satu pemain naturalisasi yang ada dalam skuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2012. Kesamaan mereka pun berlanjut ketika keduanya juga gagal menampilkan permainan apik di ajang tersebut.

Penampilan buruknya tersebut nyatanya tak terlepas dari kondisi cedera yang dialami Van Beukering. Hal itu terbukti ketika dirinya tak masuk dalam skuat Timnas Indonesia dalam dua pertandingan awal di penyisihan grup Piala AFF 2012.

Pemain naturalisasi asal Belanda tersebut pun baru bisa dimainkan pada pertandingan terakhir kontra Malaysia. Dirinya masuk pada menit ke-63 menggantikan Samsul Arif. Sayangnya, ia gagal mencetak gol, hingga akhirnya kalah 0-2 atas Malaysia.


3. Ruben Wuarbanaran

Ruben Wuarbanaran gagal di Timnas.

Ruben Wuarbanaran sempat digadang-gadang akan menjadi pemain muda berbakat yang mampu meningkatkan kualitas Timnas Indonesia. Oleh karena itu otoritas tertinggi sepak bola Indonesia, PSSI, tanpa ragu menjadikannya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Pemain asal Belanda yang lahir pada 15 Agustus 1990 tersebut nyatanya gagal saat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-23 jelang SEA Games 2011. Tak hanya itu, ia juga akhirnya terbuang dari klubnya saat itu, Pelita jaya.

Baca Juga

Kondisi tersebut sepertinya cukup membuktikan bahwa Ruben Wuarbanaran merupakan salah satu pemain naturalisasi yang buruk bagi Timnas Indonesia. Karena untuk masuk skuatnya saja, sang pemain tak mampu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

PSSINaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTonnie CusellJhonny van BeukeringRuben WarbanaranTRIVIA

Berita Terkini