x

3 Bintang Afrika Eks Klub Raksasa Eropa yang Bisa Gabung Klub Liga 1

Rabu, 23 Januari 2019 18:31 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Tiga bintang Afrika eks klub raksasa Eropa yang bisa gabung klub Liga 1, diantaranya Yaya Toure

INDOSPORT.COM – Kompetisi sepak bola Indonesia tengah memasuki waktu liburan ketika Liga 1 2018 berakhir pada awal Desember lalu. Meski bursa transfer Liga 1 belum resmi dibuka, namun sejumlah klub telah mendaratkan sejumlah pemain.

Langkah tersebut diambil agar mereka tak kehilangan momen untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain incaran. Karena bukan tidak mungkin jika sang target akan jatuh kepelukan klub lain jika terlalu lambat bergerak.

Setidaknya ada enam klub besar Liga 1 2019 yang telah berhasil memenuhi kuota pemain asing sebelum bursa transfer resmi dibuka. Klub tersebut adalah, Madura United, Persija Jakarta, Arema FC, Bali United, PSM Makassar, dan Borneo FC.

Baca Juga

Sejumlah klub Liga 1 lainnya yang belum memenuhi kuota pemain Asing, tentunya bisa mendapatkan bintang yang pernah bermain di pentas Eropa. Klub-klub tersebut pun bisa saja mencoba untuk mendatangkan pemain Afrika pada musim depan.

Karena kompetisi sepak bola Indonesia dikenal dengan permainan cepat hingga sang pemain dituntut memiliki fisik yang kuat. Oleh karena itu pemain berdarah Afrika bisa menjadi pilihan yang tepat bagi klub-klub Liga 1.

Kali ini INDOSPORT mencoba menyarankan kepada klub-klub Liga 1 2019 untuk merekrut tiga pemain berdarah Afrika yang sempat bermain dengan klub papan atas Eropa.


1. Yaya Toure

Mantan pemain Manchester City, Yaya Toure.

Yaya Toure merupakan salah satu sosok penting bagi lini tengah Manchester City di era Roberto Mancini dan Manuel Pellegrini. Karena pada saat itu, lini tengah Manchester City terlihat begitu rapuh ketika Yaya Toure absen dalam sebuah pertandingan.

Namun ketika Pep Guardiola datang, situasi menjadi terbalik. Yaya Toure bahkan tidak mendapatkan tempat utama di lini tengah Si Biru Langit. Ia akhirnya dilepas dan memilih hijrah ke Olympiacos. Namun Yaya Toure kembali dilepas hingga membuatnya tak memiliki klub.

Situasi ini pun bisa dimanfaatkan dengan baik oleh sejumlah klub Liga 1 2019. Karena Yaya Toure memiliki segudang pengalaman di pentas Eropa, yang bisa ditularkan kepada pemain-pemain lokal. 


2. Sulley Muntari

Sulley Muntari saat berseragam AC Milan.

Nama pemain berdarah Afrika lain yang bisa diboyong ke Indonesia adalah Sulley Muntari. Gelandang berkebangsaan Ghana tersebut merupakan mantan gelandang AC Milan dan Inter Milan.

Bermain di dua klub legendaris Italia tersebut nampaknya cukup menjelaskan bahwa Muntari adalah gelandang yang memiliki kualitas tinggi. Penampilan apik Muntari sendiri terjadi saat dirinya berseragam Inter Milan, yang saat itu masih dilatih Jose Mourinho.

Pada 2015 lalu, Muntari pernah mencicipi bermain di kompetisi Asia, dengan memperkuat klub asal Arab Saudi, yakni Al-Ittihad Jeddah. Ini pun menjadi nilai tambah bagi klub-klub Liga 1 untuk merekrutnya. Karena secara tak langsung Muntari sudah terbiasa dengan kultur sepak bola Asia.

Saat ini, Muntari tengah berstatus bebas transfer alias tidak memiliki klub. Itu terjadi ketika Deportivo La Coruna memutuskan untuk tidak memperpnajang kontraknya sejak akhir musim 2017/18. Muntari sendiri memiliki harga yang terjangkau, yakni hanya Rp4,8 miliar. 


3. John Obi Mikel

Gelandang Chelsea, John Obi Mikel resmi ganti nama Mikel John Obi.

Nama terakhir yang bisa menjadi opsi klub-klub Liga 1 adalah John Obi Mikel. Pernah menjadi bagian penting di lini tengah Chelsea selama kurang lebih satu dekade, Obi Mikel tentunya memiliki segudang pengalaman yang begitu berarti.

Namun ketika tahun 2017 lalu, manajemen Chelsea memutuskan untuk tidak melanjutkan kerja sama dengan Obi Mikel. Pemain berkebangsaan Nigeria tersebut memutuskan untuk hijrah ke klub asal China, Tianjin Teda.

Baca Juga

Setelah musim 2018 berakhir, Obi Mikel kembali dilepas hingga membuatnya tak memiliki klub. Dengan begitu, klub-klub Liga 1 pun bisa saja dengan mudah mendatangkannya dengan menyodorkan kontrak yang menarik.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT 

Bursa TransferYaya ToureSulley MuntariJohn Obi MikelLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini