x

3 Fakta Prisca Womsiwor, Eks Persipura yang Jadi Bintang Baru Barito Putera

Rabu, 23 Januari 2019 21:00 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Prisca Womsiwor dan logo Barito Putera

INDOSPORT.COM – Salah satu tim kuda hitam Liga 1 2019, Barito Putera baru saja mendapatkan tiga pemain baru dalam waktu bersamaan, yakni Selasa (22/01/19). Dari tiga nama baru itu hanya ada satu pemain lokal, yakni Prisca Womsiwor.

Selain Prisca Womsiwor, Barito Putera memilih untuk mendaratkan dua pemain asing berposisi sebagai bek, yakni Lucas Silva dan Artur Jesus Vieira. Langkah itu diambil setelah mereka terpaksa melepaskan Hansamu Yama Pranata dan Aaron Evans setelah Liga 1 2018 berakhir.

Tak hanya memperbaiki lini pertahanan, Barito Putera pun mencoba untuk menggaet bintang muda asal Papua ini agar memberikan warna baru dalam menyerang. Seperti yang dikethui, Prisca Womsiwor merupakan pemain sayap yang cukup sulit dihentikan pemain lawan.

Baca Juga

Kali ini INDOSPORT mencoba merangkum tiga fakta tersembunyi Prisca Womsiwor yang mungkin belum diketahui pecinta sepak bola Tanah Air.


1. Mulai dari ‘Liga’ Tarkam

Penyerang muda Persipura Jayapura, Prisca Womsiwor.

Berbeda dengan beberapa bintang pesepakbola lainnya, Prisca Womsiwor lebih dulu memulai dunia si kulit bundar dari pertandingan-pertandingan kampung, yang sering dikenal tarkam (antar kampung).

Pemain berusia 23 tersebut bahkan pernah terbang ke Tangerang untuk mengikuti pertandingan tarkam. Menurut kabar yang beredar, Prsica Womsiwor dibawa oleh pemain asal Liberia, yakni Alex Robinson.

Meski sempat diragukan karena postur tubuhnya yang kecil, namun dirinya justru mendapatkan tawaran dari klub kasta bawah Liga Indonesia, yakni PSCS Cilacap, pada 2015 lalu.

Namun karena pembekuan PSSI, sang pemain pun akhirnya kembali ke sepak bola tarkam. Ia pun pernah mengikuti kompetisi tarkam yang diadakan di Papua. Dari situlah dirinya mulai dilirik oleh Persipura Jayapura, dan menjadi bagian skuat Mutiara Hitam di Liga 1 2017.


2. Pemain Muda Pertama yang Cetak Hattrick di Liga 1

Prisca Womsiwor saat Persipura vs Persiba

Prisca Womsiwor menjadi pemain yang cukup penting bagi lini serang Persipura Jayapura pada Liga 1 musim 2017 lalu. Bagaimana tidak, dirinya berhasil mencatatkan torehan fantastis bersama Mutiara Hitam.

Prisca Womsiwor menjadi pemain muda pertama yang berhasil menorehkan hattrick di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Itu terjadi ketika Persipura melibas habis Mitra Kukar dengan skor 6-0.

Pada pertandingan tersebut, Prisca Womsiwor berhasil mencatatkan hattrick, dengan rincian dua gol di babak pertama dan satu gol di interval kedua. menariknya, tiga gol yang didapatkan Prisca Womsiwor lahir dari assist Boaz Solossa.


3. Produktivitas Mulai Menurun

Penyerang muda Persipura Jayapura, Prisca Womsiwor.

Persipura Jayapura akhirnya melepas pemain mudanya setelah Liga 1 2018 berakhir. Hal itu nyatanya tak terlepas dari performa Prisca Womsiwor yang mulai menurun. Karena catatan produktivitas Prisca Womsiwor mulai menurun pada musim 2018 lalu.

Tercatat, Prisca Womsiwor hanya mampu mencetak satu gol dan menyumbangkan empat assist dari 25 pertandingannya bersama Persipura Jayapura musim lalu.

Sedangkan pada Liga 1 2017 lalu, Prisca Womsiwor tampil begitu mengesankan dengan torehan tujuh gol dan enam assist dalam 32 pertandingan.

Baca Juga

Catatan itu pun cukup menjelaskan jika performa Prica mulai menurun. Namun bukan berarti dirinya akan gagal di Barito Putera pada musim depan. Karena bisa saja pelatih Jacksen F. Tiago menyulap sang pemain untuk kembali menemukan performa terbaiknya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT 

Barito PuteraPersipura JayapuraLiga IndonesiaLiga 1Prisca WomsiworTRIVIA

Berita Terkini