x

3 Prestasi Manuchekhr Dzhalilov, Pemain Tajikistan yang Baru Direkrut Persebaya

Rabu, 6 Februari 2019 09:00 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
Manuchekhr Dzhalilov, pemain terbaik AFC yang gabung ke Sriwijaya Fc

INDOSPORT. COM - Persebaya Surabaya berhasil mendatangkan pemain asing asal Tajikistan bernama Manuchekhr Dzhalilov. Bila ditelisik, sosok Dzhalilov punya beberapa kehebatan yang mungkin bisa dimanfaatkan Persebaya.

Ya, Persebaya telah resmi mengumumkan kalau Dzhalilov menjadi rekrutan anyar klub. Pengumuman itu dapat terlihat dari akun Instagram resmi Persebaya.

Persebaya mengunggah sebuah video perkenalan Dzhalilov. Video itu menampilkan momen ketika Dzhalilov menandatangani kontrak dengan Persebaya.

Baca Juga

"Manuchekhr Dzhalilov, selamat bergabung di Persebaya. Salam Satu Nyali! WANI!," tulis Persebaya di caption unggahannya.

Persebaya sepertinya patut bersyukur atas kedatangan Dzhalilov lantaran ia punya beberapa kehebatan yang sekiranya bisa membantu Bajul Ijo untuk lebih berprestasi lagi tahun ini.

Lalu, apa saja kehebatan-kehebatan Dzhalilov tersebut? INDOSPORT mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.


1. Berpengalaman Main di Eropa

Gelandang asing Sriwijaya FC, Manuchekhr Dzhalilov.

Bagi klub sepak bola di negara-negara Asia, tentu akan sangat beruntung bisa mendapatkan pemain yang berpengalaman merumput di Eropa. Maklum saja, Kompetisi Benua Biru memiliki kualitas yang lebih baik dari Benua Kuning.

Begitu pula yang terjadi dalam kasus bergabungnya Dzhalilov ke Persebaya Surabaya. Kubu Bajul Ijo patutnya sangat bersyukur karena sang rekrutan anyar punya pengalaman bermain di Eropa.

Baca Juga

Berdasarkan situs Transfermarkt, Dzhalilov menjalani kariernya di Liga Rusia pada 2008-2015. Ia bergabung dengan sejumlah klub Negeri Beruang Merah seperti Akademia Loko, Loko Moscow II, Lokomotiv 2, dan Netfekhimik.


2. Reputasi Gemilang di Asia

Manuchekhr Dzhalilov, pemain terbaik AFC yang gabung ke Sriwijaya Fc

Manuchekhr Dzhalilov punya reputasi bagus di kancah sepak bola Asia. Ia berhasil menyabet gelar individu pemain terbaik Piala AFC pada 2017 lalu.

Kala itu, Dzhalilov masih membela klub asal Tajikistan, FC Istiklol dan melaju hingga partai final meskipun akhirnya harus takluk dari klub Irak, Air Force Club dengan skor tipis 0-1. Meski kalah, ia tetap berbahagia karena didaulat untuk menjadi pemain terbaik kompetisi.

Baca Juga

Reputasi apiknya di asia itu tentu sangat membuat Dzhalilov bisa mengambil peran krusial bersama Persebaya, terlebih membawa Bajul Ijo lebih berprestasi lagi tahun ini.


3. Pemain Serba Bisa

Manuchekhr Dzhalilov mengikuti latihan perdana bersama Sriwijaya FC di lapangan Venue Atletik Jakabaring Sport City.

Manuchekhr Dzhalilov tergolong sebagai tipe pemain serba bisa. Ia mampu bermain di sejumlah posisi sekaligus pada bagian lini serang tim.

Menurut catatan situs Transfermarkt, Dzhalilov dapat dimainkan di tiga posisi, yakni gelandang serang, sayap kiri, dan sayap kanan. Posisi naturalnya adalah winger kanan.

Baca Juga

Kehebatan tersebut sekiranya dapat berperan besar bagi Persebaya. Ketika Persebaya membutuhkan rotasi ataupun variasi permainan, kehadiran Dzhalilov bisa menjadi jalan keluarnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Persebaya SurabayaPiala AFCLiga IndonesiaLiga 1Manucheckhr Dzhalilov

Berita Terkini