x

3 Fakta Newcastle Jets, Lawan Persija Berikutnya di Liga Champions Asia

Rabu, 6 Februari 2019 06:45 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Logo Newcastle Jets

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Indonesia, Persija Jakarta, melangkah ke babak kedua kualifikasi Liga Champions Asia usai menekuk Home United di Singapura, Selasa (5/2/19). 

Bermain di Stadion Jalan Besar, Singapura, Persija langsung menggebrak pertahanan Home United dan langsung membuka keunggulan pada menit ke-10.

Home United sempat membalas pada menit ke-43 dan skor menjadi 1-1 dan bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, Persija kembali unggul berkat aksi Beto Goncalves pada menit ke-53.

Baca Juga

Menjelang akhir pertandingan, Persija mampu menambah keunggulan menjadi 3-1 lewat gol dari Marko Simic menyambut umpan terukur Riko Simanjuntak.

Persija pun sudah ditunggu lawan kuat di babak selanjutnya, yaitu Newcastle Jets, yang notabene salah satu klub peserta A-League (Liga Australia).

Untuk mengenal lebih jauh tentang klub Newcastle Jets, INDOSPORT telah rangkum tiga fakta-faktanya. 


1. 1. Klub Muda

Logo Newcastle Jets.

Usia klub Newcastle Jets terbilang masih muda. Klub yang berbasis di Newcastle, New South Wales, ini berdiri pada 2000 atau belum genap 20 tahun berkiprah di jagat sepak bola. 

Baca Juga

Pada awalnya, klub Newcastle Jets bermain di National Soccer League. Belakangan mereka bergabung ke A-League, sebuah format baru liga sepak bola Australia. Markasnya terletak di Stadion Newcastle International Sports Centre yang berkapasitas 33.000 penonton. 


2. 2. Penambahan Nama 'Jets'

Logo Newcastle Jets

Pada awal pendiriannya, klub ini dinamai Newcastle United. Penamaan ini dinilai rancu dengan klub mapan Liga Primer Inggris yang bernama serupa, Newcastle United FC. 

Baca Juga

Akhirnya, manajemen memilih mengganti nama menjadi Newcastle Jets. Kata 'Jets' sendiri diambil setelah merujuk kepada lokasi markas angkatan udara Williamtown yang terletak hanya 20 kilometer dari Kota Newcastle. 

Di situlah terparkir pesawat-pesawat berjenis F/A-18 Hornets kebanggaan Australia. Dalam lambang klub pun turut diselipkan gambar animasi tiga pesawat Hornets. 


3. 3. Juara Liga Australia dan Partisipasi di Liga Champions Asia

Pemain klub A-League (Australia), Newcastle Jets, merayakan gol.

Newcastle Jets memang tak setenar Sydney FC atau Melbourne Victory. Namun, dalam sejarahnya klub ini tercatat cukup sering berada di papan atas. 

Bahkan, mereka berhasil menggondol juara A-League pada tahun 2008. Pencapaian ini diiringi tiga kali rekor menempati posisi runner-up di kasta tertinggi Negeri Kangguru. 

Jets juga memiliki pengalaman cukup mumpuni di ajang Liga Champions Asia, yakni dua kali berpartisipasi pada 2009 dan 2019 (kualifikasi). 

Pada 2009, mereka masuk langsung ke fase grup dan bertemu klub-klub besar Asia seperti Ulsan Hyundai, Nagoya Grampus, dan Pohang Steelers. 

Pencapaian Jets pun cukup solid lantaran berhasil menembus babak 16 besar usai mengandaskan Ulsan Hyundai dll. di fase grup. 

Baca Juga

Tahun ini, Jets memulai petualangan di Liga Champions Asia dari babak kedua kualfiikasi. Laju mereka pun siap diadang oleh penantang dari Indonesia, Persija Jakarta.  

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persija JakartaLiga Champions AsiaNewcastle JetsBola InternasionalHome United

Berita Terkini