x

Peringatan, Beginilah Nasib Pemain Jepang di Persela Sebelum Kei Hirose

Rabu, 6 Februari 2019 12:30 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Pemain asing baru Persela Lamongan asal Jepang, Kei Hirose.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Indonesia, Persela Lamongan, merilis pemain asing terbaru asal Jepang bernama Kei Hirose pada Selasa (5/2/19).

Gelandang berusia 23 tahun itu dipercaya mengisi slot pemain asing Persela yang musim lalu bergantian ditempati oleh Shohei Matsunaga dan Ahmed Atayev (Turkmenistan).

Sejak era Liga Super Indonesia (LSI), Hirose menjadi pemain berpaspor Jepang keempat yang mendarat di Persela. Laskar Joko Tingkir (julukan Persela) menjadi klub Tanah Air yang paling sering memakai jasa Samurai Negeri Matahari Terbit bersama Persib Bandung.

Siapa saja pemain Jepang Persela di masa lalu? Berikut adalah hasil penelusuran INDOSPORT.


1. Tomoaki Komorida (2009/10)

Mantan pemain Persela Lamongan, Tomoaki Komorida (88).

Komorida menjadi pemain Jepang pertama Persela di era LSI. Dia direkrut pada putaran kedua edisi 2009/10 untuk memperkuat tim yang kala itu sedang berjuang meloloskan diri dari jeratan degradasi.

Baca Juga

Sayang, Komorida yang berposisi bek tampil kurang maksimal. Persela kebobolan 23 gol (rata-rata 2,3 gol per laga) dalam 10 penampilannya di atas lapangan.

Pemain berpostur 186 centimeter ini bahkan tercatat sekali melakukan gol bunuh diri, tepatnya saat menghadapi Persitara Jakarta Utara yang berakhir dengan skor 2-2 pada 25 Mei 2010. 


2. Ken Matsumoto (2017)

Mantan pemain Persela Lamongan, Ken Matsumoto.

Pemain Jepang Persela berikutnya adalah Ken Matsumoto yang berposisi gelandang. Dia direkrut menjelang persiapan tim menuju Piala Presiden 2017.

Baca Juga

Sayang, nasib ternyata Matsumoto jauh lebih apes dari pendahulunya. Dia dicoret bahkan sebelum tampil di kompetisi resmi lantaran dianggap kurang maksimal saat membela Persela di Piala Presiden.

Sekadar mengingatkan, Persela mentok di fase grup Piala Presiden 2017 akibat kalah bersaing dengan Persib Bandung dan PSM Makassar. Hasil yang diperoleh adalah sekali menang dan dua kali keok.


3. Shohei Matsunaga (2018)

Shohei Matsunaga mantan pemain Persib Bandung.

Matsunaga merupakan pemain Jepang terakhir sebelum Hirose berlabuh ke Persela. Penampilan gelandang jebolan akademi Schalke 04 ini sebetulnya lumayan kalau tidak bisa dibilang bagus.

Baca Juga

Sejak direkrut pada awal musim lalu, Matsunaga bisa melebur secara cepat ke dalam tim. Total ia tampil 16 kali dan mencetak empat gol sepanjang putaran pertama Liga 1 2018.

Keputusan mengejutkan diambil Persela memasuki putaran kedua. Nama Matsunaga dicoret setelah klub asal Jawa Timur itu lebih memilih mendatangkan Ahmet Atayev dari Arema FC.

Padahal, Matsunaga berandil menjaga konsistensi Persela yang sempat berada di papan atas klasemen Liga 1 2018 sepanjang putaran pertama. 

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Persib BandungPersela LamonganShohei MatsunagaLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini